PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESA PERIODE 2016-2020

Nur Laily Safitri, Dharmayanti Pri Handini, Alfiana Alfiana

Abstract

Abstrak

Artikel ini menganalisis pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesa periode 2016-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016 – 2020. Berdasarkan hasil pengujian pada bab sebelumnya maka didapatkan kesimpulan Hasil pengujian secara simulatan menunjukan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hasil pengujian secara parsial  menunjukan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan Terhadap pertumbuhan laba. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh  signifikan Terhadap pertumbuhan laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020.

Kata Kunci:  Profitabilitas, Ukuran Perusahaan ,Pertumbuhan Laba.

 

Abstract

This article analyzes the effect of profitability and the size of the company on profit growth in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2016-2020. The samples used in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2016 - 2020. Based on the results of the test in the previous chapter, the results of the test are heard that the profitability and size of the company have a significant effect on profit growth. Partial test results show that profitability has a positive and significant effect on profit growth. The test results partially showed that the size of the company had no significant effect on profit growth at the Indonesia Stock Exchange-Listed Manufacturing Companies in 2016-2020.

Keywords: Profitability, Company Size, Profit Growth.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

Andriyani, I. (2015). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3): 343-358.

Bionda, A. R., & Mahdar, N. M. (2017). Pengaruh Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return on Asset, dan Return on Equity terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia . Jurnal Bisnis dan Komunikasi Kalbisocio, 4(1): 10-16.

Dela, S. M. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Solvabilitas,Profitabilitas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Keramik Dan Porselin Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Medan: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dewi, Made, Y., & Sajana, I. K. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Pada Praktik Perataan Laba dengan Jenis Industri Sebagai Variabel Pemoderasi di BEI . E-Journal Akuntansi Universitas Udayana, 170-184.

Dinni, S. E. (2008). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Padang: Universitas Negeri Padang

Dwimulyani, S., & Shirley. (2007). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Rasio-Rasio Keuangan, Laba Bersih, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Prediksi Pertumbuhan Laba Usaha Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 2(1), 43-57.

E, F. B., & L, C. G. (2006). Intermedia Financial Management. SeaHarbor Drive: The Dryden Press.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Manajemen Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, M. M., & Halim, A. (2005). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP-YKPN.

Harahap, S. S. (2010). Analisa Kritis atas Laporan Keuangan (Cet 11). PT RajaGrafindo Persada.

Juliansyah, N. (2011). Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertai Karya Ilmiah. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Kasmir. (2012). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Machfoedz, M. (2004). Akuntansi Lanjutan 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Mira, N. L. (2018). Analisis Pengaruh Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Medan: Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Rachmawati, A. A., & Handayani, N. (2014). Pengaruh Rasio Keuangan dan Kebijakan Dividen Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 3(3): 1-15.

Raharjaputra, H. S. (2011). Panduan Praktis Manajemen Keuangan dan Akuntansi untuk Eksekutif Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Riyanto, B. (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Saidi. (2004). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ Tahun 1997-2002. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 11(1): 44-58

Sudarmaji, A. M., & Sularto, L. (2007). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan, 21-22 Agustus

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sulfida, S. A. (2010). Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Suwito, E., & Herawaty, A. (2005). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laba yang Dilakukan Oleh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Makalah Simposium Nasional Akuntansi VIII, September, Solo.

Tandelilin, E. (2010). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE.

Warsidi, & Pramuka, A. B. (2009). Pemahaman Ekonomi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.