PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MERK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Achmad Yusuf Budianto, Rahayu Puji Suci, Soedjono Soedjono

Abstract

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  ialah  untuk  mengetahui  pengaruh  kualitas  produk  dan  kualitas pelayanan  terhadap keputusan pembelian dengan citra merk sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) hipotesis yang akan  diteliti.  Jenis penelitian  yang  digunakan dalam  penelitian ini  adalah jenis penelitian kuantitatif. Objek yang akan diperiksa dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2), keputusan pembelian (Y), dan citra merek (Z) . Penelitian ini dilakukan di Eiger Store Mall Olympic Garden (MOG) yang beralamat di Jl. Kawi no. 24 Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang  diperoleh dari menyebarkan kuesioner ke konsumen Eiger. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel dan 17 indikator, sehingga perhitungan dalam penelitian multivariat adalah jumlah indikator 17 x 10 = 170 maka diketahui jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 170 responden yang akan diteliti. Analisis data dalam penelitian ini sebagian paling sedikit persegi menggunakan perangkat lunak Smart PLS 3.3.3.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merk, Keputusan Pembelian, Eiger

 

Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of product quality and quality of service on purchasing decisions with brand image as an intervening variable. In this study there are 7 (seven) hypotheses that will be studied. The type of research used in this research is a type of quantitative research. The objects to be examined in the study are product quality (X1), service quality (X2), purchasing decisions (Y), and brand image (Z). This research was conducted at Eiger Store Mall Olympic Garden (MOG) which is located at Jl. Kawi no. 24 Kauman, Kec. Klojen, Malang City, East Java. The data source used in the study was primary data obtained from distributing questionnaires to Eiger consumers. In this study there are four variables and 17 indicators, so the calculation in multivariate research is the number of indicators 17 x 10 = 170 then it is known that the number of samples used in this study is as many as 170 respondents.

Keywords: Product Quality, Service Quality, Brand Image, Purchase Decision, Eiger

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

Afwan, M. T., dan Santosa, S. B,. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening.

Ardiatama, Egy. 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Eiger.

Basrah, S., M. Aulia Rachman, dan Mohamad Rizan. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 4, No. 2,

Jakarta.

Chabibi, I., Hasiholan, L. B., dan Harini, C,. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Pembelian sebagai Intervening.

Dewi, W. S., Hasiholan, L. B., dan Minarsih, M. M,. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening.

Fatmati, D., Triastity, R.. dan Sunarso. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Konsumen Lumbung Batik Surakarta).

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa Alexander

Sindoro dan Benyamin Molan. Edisi Kesembilan. Jilid 7. Indeks. Jakarta. Kotler, Philip.

Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Alih Bahasa oleh Hendra Teguh. Edisi Milenium. Prenhallindo. Jakarta.

Maria, M., dan Anshori, M. Y,. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen King Cake.

Prasetya, Candra Hakim Arif. 2014. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepercayaan serta Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario pada PT Sumber Purnama Sakti di Kabupaten Gresik)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 15 No. 2. Hal. 1-6.

Rimayanti, A. A,. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas

Pelanggan Pada Tas Eiger Di Samarinda.

Situmorang, I. L,. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru.

Tandjung, J.W., 2010. Marketing Management: Pendekatan pada Nilai-Nilai Pelanggan.

Banyumedia Publishing. Malang. Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.

Vanessa, Ike., dan Arifin, D. P. Z,. 2012. Pengaruh Citra Merk (Brand Image) dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian.

Wibowo, Ariadi. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.