ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

M. Izul Fuadi, Survival Survival, Bambang Budiantono

Abstract

Abstrak

Artikel ini menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap minat pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi (Studi pada Pelanggan PT. Jasa Kopra Sejati di Pasuruan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan aktual yang pernah melakukan pembelian ulang pada PT. Jaya Kopra Sejati, Pasuruan. Berdasarkan informasi dari Manajer Operasional terdata sebanyak 687 konsumen. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin, dengan jumlah 88 responden, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dari hasil kuesioner tersebut dianalisis untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel yang dihitung menggunakan analisis Partial Lesat Square (PLS).

Kesimpulan penelitian ini adalah kualitas produk yang semakin tinggi dapat meningkatkan minat pembelian ulang pelanggan. Kualitas produk yang semakin tinggi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan yang semakin tinggi dapat meningkatkan minat pembelian ulang pelanggan. Kualitas produk yang semakin tinggi dapat meningkatkan minat pembelian ulang yang dimediasi kepuasan pelanggan.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Minat Pembelian Ulang.

 

Abstract

This article describes the effect of product quality on repurchase interest with customer satisfaction as a mediation variable (Study on Customers PT. True Copra Services in Pasuruan). The population in this study is all actual customers who have made a repurchase at PT. Jaya Kopra Sejati, Pasuruan. Based on information from the Operational Manager recorded as many as 687 consumers. The number of samples was determined based on the Slovin formula, with a total of 88 respondents, and sampling techniques using purposive sampling. The data was collected using questionnaires, from the results of the questionnaire analyzed to find out the influence of each variable calculated using Partial Lesat Square (PLS) analysis.

The conclusion of this study is that the increasingly high quality of the product can increase customer repurchase interest. Higher product quality can increase customer satisfaction. Higher customer satisfaction can increase customer repurchase interest. The higher quality of the product can increase the interest in customer satisfaction-mediated repurchase.

Keywords: Product Quality, Customer Satisfaction, Repurchase Interest.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh Citra Merek Melalui Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk Busana Muslim Zoya di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah: Teori dan Terapan, 2(7), 553-569.

Alamsyah, R. A. (2018). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online. Manajemen Bisnis, 6(2), 158-164.

Annafik, A. F., & Rahardjo, M. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha. Diponegoro Journal of Management, 1(2), 274-281.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dachyar, M., & Banjarnahor, L. (2017). Factors influencing purchase intention towards consumer-to-consumer e-commerce. Intangible Capital, 13(5), 948-970.

Irnandha, A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat (Studi Kasus Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Hijrah Sagan Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(6), 660-669.

Kemenperin. (2020). Renstra Kemenperin 2020-2024. Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Kominfo Jatim. (2020). Geliat Ekspor Industri Furnitur Jatim di Masa Pandemi Covid-19. Diakses dari : http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/geliat-ekspor-industri-furnitur-jatim-di-masa-pandemi-covid-19 (diakses pada Juli 2021).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15thEdition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen, J.C., & Minor, M.S. (1998). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: Mc Graw-Hill Companies.

Nugrahanto, N. F. R., Farida, N., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Yamaha Vixion PT. Mataram Sakti Setiabudi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 178-185.

Pesoth, M. C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, dan Brand Image terhadap Kepuasaan Pelanggan pada Perusahaan Rokok Dunhill di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 1101-1112.

Prayoni, I. A., & Respati, N. N. R. (2020). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Kualitas Produk dan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen, 9(4), 1379-1400.

Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 43-54.

Putra, I. R. (2020). Nilai Pasar Mebel dalam Negeri Diprediksi Tembus Rp 15 Triliun di 2020. merdeka.com. https://www.merdeka.com/uang/nilai-pasar-mebel-dalam-negeri-diprediksi-tembus-rp15-triliun-di-2020.html (Diakses Juli 2021).

Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat PembelianUlang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(2), 162-170.

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), 1-14.

Sari, D. A. T., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Role of Consumer Satisfaction in Mediating Effect of Product Quality on Repurchase Intention. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 7(1), 217-226.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks”. Jurnal Performa, 1(6), 754-764.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Repurchase Intention yang di mediasi oleh Cunsumer Emotion. Kasus: Ceriamart di Bungur Besar, Jakarta Pusat. Masters Thesis. Universitas Tarumanegara.

Wijaya, I. P. S. A., & Nurcahya, I. N. (2017). Kepuasan Pelanggan Memediasi Kualitas Produk dan Kewajaran Harga terhadap Loyalitas Merek Mc Donalds di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1534-1563.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.