Perbandingan Abnormal Return Sebelum dan Setelah Pengumuman Pemberlakuan Perubahan Waktu Perdagangan Selama Pandemi Covid-19

AA Sagung Istri Pramanaswari, Luh Pande Eka Setiawati

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata abnormal return saham sebelum dan setelah pemberlakuan perubahan waktu perdagangan selama pandemi covid-19 pada transaksi bursa di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan yang masuk ke dalam perusahaan LQ-45 di BEI di periode Februari – Juli 2020 yaitu sebanyak 45 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode sensus artinya jumlah sampel yang diambil sama dengan jumlah anggota populasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah abnormal return dan pemberlakuan perubahan waktu perdagangan pada transaksi bursa di Bursa Efek Indonesia pada masa pandemi covid 19. Uji normalitas data menggunakan Shapiro-Wilk dan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan setelah pemberlakuan perubahan waktu perdagangan di Bursa Efek Indonesia selama masa pandemi covid 19.

Kata Kunci : Abnormal return, Covid-19, LQ-45

 

Abstract

The purpose of this research to find out the difference in the average abnormal return of stocks before and after the implementation of changes in trading times during the covid-19 pandemic. The population and sample in this study are companies listed on the LQ-45 index in the period February - July 2020, as many as 45 companies. The variables used in this study are abnormal returns and the implementation of changes in trading times on stock exchange transactions on the Indonesia Stock Exchange during the covid 19 pandemic. The normality test of the data uses the Shapiro-Wilk and to test the hypothesis in this study using the Paired Sample t-test. The results of this study indicate that there are differences in abnormal returns before and after the implementation of changes in trading times on the Indonesia Stock Exchange during the covid 19 pandemic.

Keyword : Abnormal return, Covid-19, LQ-45 index

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF view : 89 times

Full Text:

PDF

References

Aryasa, I. P. G. C. A. & Suaryana, I. G. N. A. 2017. Reaksi Pasar Sebelum dan Sesudah Pengumuman Right Issue. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(2), 1426–1454.

Apsari, I.A.W.P. & Yasa, G.W. 2017. Analisis Reaksi Pasar terhadap Pengumuman Right Issue pada Perusahaan Go Public yang Tercatat di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(2), 1343–1368.

Brigham, Houston.2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Endriani, S. 2015. Pengaruh Pengumuman Right Issue terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufactur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–7

Dananjaya,I.B.G &Wiagustini, N,L.P. 2015. Studi komparatif abnormal return sebelum dan sesudah merger pada perusahaan BEI. E-Jurnal Manajemen Unud 4(4), 1085-1099

Hartono, J. 2017. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi kesebelas. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Miglani, Pooja. 2011. An Empirical Analysis of Impact of Right Issue on Shareholders Returns of Indian Listed Companies. Journal of Arts, Science & Commerce. India

Pratama, I. G. S. 2014. Analisis Perbandingan Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Right Issue. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(1).

Rahyuda. 2004. Metodologi Penelitian Denpasar: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Sumantri, F.A & Agustianti, Ika. 2017. Kinerja Keuangan, Abnormal Return Sebelum dan Setelah Pengumuman Merger. AGREGAT: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 1(1), 73-93.

Tandelilin, E. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Widagdo, D. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Reaksi Investor di Sekitar Pengumuman Right Issue. Jurnal Manajemen Dirgantara, 8(2),1–17.

Yahoo Finance. https:// finance.yahoo.com/.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.