Pengaruh Pemahaman Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna E-Commerce (Studi Kasus Pada Pengusaha Online Shop di Sidoarjo)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman peraturan pajak, tarif pajak, lingkungan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajb pajak pengguna E-Commerce studi kasus pada pengusaha bisnis online shop di Sidoarjo, Jawa Timur. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara Non Probability Sampling dengan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan online dengan cara menyebarkan kuisioner menggunakan link Google Form pada 65 responden. Metode statistik menggunakan uji Validitas dan Reabilitas, uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik F dan uji statistik t.
Kata Kunci: Pemahaman Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, E-Commerce
Abstract
This study aims to determine the effect of understanding tax regulations, tax rates, the environment and taxpayer awareness on taxpayer compliance with E-Commerce users, a case study on online shop business entrepreneurs in Sidoarjo, East Java. The data collection technique was carried out by means of Non Probability Sampling with saturated sampling. Data collection was done online by distributing questionnaires using a Google Form link to 65 respondents. Statistical methods using Validity and Reliability test, Classical Assumption test, Multiple Linear Regression Analysis, with hypothesis testing F statistic test and t statistic test.
Keywords: Understanding Tax Regulations, Tax Rates, Taxpayer Environment, Taxpayer Awareness On Taxpayer Compliance, E-Commerce, Government Regulation No. 23 of 2018
Article Metrics
Abstract view : 259 timesPDF view : 193 times
Full Text:
PDFReferences
Agus, P. E. P. (2015). E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika
Bakkara, R. H. (2020). 3 Alasan Kenapa Insentif Pajak UMKM Kurang Laku. Diambil dari https://news.ddtc.co.id/3-alasan-kenapa-insentif-pajak-umkm-kurang-laku-25348. Diakses pada 24 Juli 2022.
Budiawan, V. O, & Triyani, Y. (2021). Pengaruh Pemahaman Pajak, Tarif Pajak, & Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik Online Shop yang Terdaftar di Shopee dan Lazada Tahun 2021. Skripsi. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Jakarta. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/3016/.
CNBC. (2022). Ini Dia Raja E-Commerce di Asia Tenggara, Bisa Tebak?. Diambil dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220602154502-37-34 3830/ini-dia-raja-e-commerce-di-asia-tenggara-bisa-tebak#:~:text=Dalam% 20laporan%20tersebut%20e%2Dcommerce,dari%206%20negara%20Asia%20Tenggara. Diakses pada …
Hasanah, R. A. (2016). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan Wajib Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pengguna E-Commerce di Palembang (Studi Kasus pada Pengusaha Online Shopping). Skripsi. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim. Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/10498/.
Julianto, A. (2017). Pengaruh Tarif, Sosialisasi Serta Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang. http://eprints.dinus.ac.id/21647/.
Kumala, R., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada UMKM. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial, 1(1), 48-55. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/16.
Mardiasmo. (2019). Perpajakan. Edisi 2019. Yogyakarta: Penerbit Andi
Maulana, R., Dhiana, P., & Andini, R. (2017). Pengaruh Signifikan Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Sistem Perpajakan, Pelayanan Kantor Pajak Terhadap Penerapan Self Assesment System yang Berdampak pada Pelaku Sosial Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pandanaran, 3(3), 1-16. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article /view/808/784.
Ningsih, A. S., Maslichah, M., & Mawardi, M. C. (2019). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(1), 82-91. http://riset.unisma.ac.id/index.php/ jra/article/view/2836.
Noviana, R., Afifudin, & Hariri. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Tarif Pajak, Penerapan PP. No.23 Tahun 2018, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak UMKM di Kabupaten Sampang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(4), 51-67. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/6184.
Nurmantu, S. (2005). Pengantar Perpajakan. Jakarta: Granit.
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Lembaran Negara RI Tahun 2009, No. 62. Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. (2013). Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor: SE-62/PJ/2013 Tentang Penegasan Ketentuan Perpajakan Atas Transaksi Ecommerce. Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. (2018). Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2018 Tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha Yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak Yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Lembaran Negara RI Tahun 2018, No. 89. Sekertariat Negara. Jakarta.
Tukiran, T. & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta
Waluyo (2017). Perpajakan Indonesia. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia. Researchgate Article. https://www.researchgate.net/publication/ 311650384_Perkembangan_Electronic_Commerce_E-Commerce_di_ Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.