Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Peminjaman Kredit Yang Dimoderasi Word Of Mouth Marketing (Studi pada Debitur PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Wates Kabupaten Blitar)

Aditya Nugroho, Rahayu Puji Suci, Zulkifli Zulkifli

Abstract

Abstrak

        Penelitian ini memiliki tujuan menarik kesimpulan dalam hubungan yang mendasari pengaruh strategi promosi melalui social nedia terhadap keputusan peminjaman kredit yang dimoderasikan oleh word of mouth marketing. Peneliti telah menetapkan obyek penelitian berupa promosi melalui social media (X),  word of mouth marketing (Z), keputusan peminjaman kredit (Y). peneliti juga telah menetapkan subyek penelitian yaitu Debitur PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Wates Kabupaten Blitar. Penarikan sample menggunakan metode Non Probability Sampling yang mengacu pada data primer dengan memanfaatkan olahan data menggunakan metode kuantitatif. Penyebaran kuisionair juga telah peneliti lakukan guna menarik data serta informasi yang dibutuhkan dalam penelitian, hingga akhirnya mendapatkan 50 responden yang bersedia membantu jalannya penelitian. Memanfaatkan jenis penelitian terdahulu yang termuat dalam data sekunder dengan tujuan mendapatkan data yang konkrit. Hasil dari penelitian ini ialah 1) promosi berpengaruh terhadap keputusan peminjaman kredit melalui sosial media. 2) promosi dilakukan melalui sosial media sangat berpengaruh terhadap keputusan peminjaman kredit yang dimoderasikan oleh word of mouth marketing.

Kata Kunci : word of mouth marketing, strategi promosi, social media

Abstract

This study aims to draw conclusions in the relationship that underlies the influence of promotional strategies through social media on credit lending decisions moderated by word of mouth marketing. Researchers have determined the object of research in the form of promotion through social media (X), word of mouth marketing (Z), credit lending decisions (Y). the researcher has also determined the research subject, namely the debtor of PT. Bank Rakyat Indonesia Wates Unit Blitar Regency. Sampling using the Non Probability Sampling method which refers to primary data by utilizing processed data using quantitative methods. The researchers also conducted questionnaires to collect the data and information needed in the research, until finally getting 50 respondents who were willing to help with the research. Utilizing the types of previous research contained in secondary data with the aim of obtaining concrete data. The results of this study are 1) promotion has an effect on credit lending decisions through social media. 2) promotions carried out through social media are very influential on credit lending decisions which are moderated by word of mouth marketing.

Keywords: word of mouth marketing, promotion strategy, social media

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF view : 9 times

Full Text:

PDF

References

USA: McGraw-Hill Irwin.

Evans, D., & McKee, J. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indiana: John Wiley & Sons.

Geisser, J. R. (1975). The Predictive Sample Reuse Methode with Application. Journal of The American Statistical Association, 70, 320-328.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Griffin, J. (2005). Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hair, Jr. J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. New International Edition. New Jersey: Pearson.

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut (Word of Mouth Marketing). Jakarta: Medpress.

Hatch, E., & Farhady, H. (1981). Reseach Design & Statististics for Applied Linguistics. Tehran: Rahnama Publications.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context: A State of the Art Analysis and Future Directions. Switzerland: Springer.

KBBI-a (2022). Subjek. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus versi online/daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id/subjek (Diakses 25 Maret 2022).

KBBI-b (2022). Objek. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus versi online/daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id/objek (Diakses 25 Maret 2022).

Kelly, L., Kerr, G., & Drennan, J. (2010). Avoidance of Advertising in Social Networking Sites. Journal of Interactive Advertising, 10(2), 16-27.

Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavioral Research. 4th Edition. Orlando: Hartcourt College Publishers.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Li, S-C. (2012). Exploring the Relationships among Service Quality, Customer Loyalty and Word-Of-Mouth for Private Higher Education in Taiwan. Asia Pacific Management Review, 18(4), 375-389.

Lovelock, C., & Wright, L. K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Terjemahan: Agus Widyantoro, Cetakan Kedua. Jakarta: Indeks.

Mada, Y. P. (2020). Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth dan Customer Engagement. Competence: Journal of Management Studies, 14(1), 80-91. DOI: https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/7153

Moore, K., Smallman, C., Wilson, J., & Simmons, D. (2012). Dynamic in-destination decision-making: An adjustment model. Tourism Management, 33, 635-645.

Napitupulu, E. (2013). Social Media Natio. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Ningsih, D. N., Hidayat, C. W., dan Rusno. (2020). Pengaruh Strategi Promosi dan Social Media Terhadap Minat Beli Garskin yang Dimediasi Word of Mouth. Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM), 6(1), 1-6.

Nurgiyantoro, S. (2014). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word of Mouth Marketing (Studi pada Konsumen Produk Garskin Merek SayHello di Kota Yogyakarta). Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Pamungkas, B. A., dan Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160.

Pertiwi, W. K. (2021). Pengguna Internet Indonesia Tembus 200 Juta, Hampir Semua "Online" dari Ponsel. Kompas.com - 24/02/2021, 07:02 WIB. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/07020097/pengguna-internet-indonesia-tembus-200-juta-hampir-semua-online-dari-ponsel (Diakses 20 Maret 2022).

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Promo BRI. (2022). Promo. https://promo.bri.co.id/main (Diakses 20 Maret 2022).

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex Komputindo.

Romeltea. (2021). Media Sosial Terpopuler 2021. https://romeltea.com/media-sosial-terpopuler/ (Diakses 18 Maret 2022).

Rosen, E. (2000). The Anatomy of Buzz: How to Crate Word of Mouth Marketing (Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut). Terjemahan: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rosen, L. D., Whaling, K., Carrier, L. M., Cheever, N. A., & Rokkum, J. (2013). The Media and Technology Usage and Attitudes Scale: An empirical investigation. Comput Human Behav., 29(6), 2501-2511.

Santoso S. (2011). Structural Equation Modeling (SEM): Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18. Edisi Kesatu. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schiffman, G. L., & Kanuk, L. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: Prentice Hall.

Sernovitz, A. (2009). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Revised Edition. New York: Kaplan Publishing.

Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.

Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudiartini, N. W. W., Ardani, N. W., dan Subawa, G. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Pada KSP. Lembing Sejahtera Mandiri. PIRAMIDA: Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 14(2), 111-128.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardi. (2009). Word of Mouth Marketing, Fans dan Peluang Tumbuh. SWA, 09/XXV, 30 April – 13 Mei.

Sumarsono, S. (2004). Metode Riset Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global: Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: Prenamedia Group.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tenenhaus, M., Amato, S., & Vinzi, V. E. (2004). A Global Goodness-of-Fit Index for PLS Structural Equation Modelling. Proceedings of the XLII SIS Scientific Meeting, 1, 739-742.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Triasih, R. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Social Media dan Word of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Melakukan Pembiayaan (Studi Pada Nasabah Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Chandra). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Wihara, D. S. (2019). Pengaruh Word of Mouth dan Lokasi Terhadap Keputusan Mengambil Kredit di Lembaga Perkreditan Desa “Marto Nugroho” Desa Rowomarto Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 15-27.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.