Analisis Segmentasi Pasar Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Small Medium Enterprise PT. Bank Syariah Indonesia Sawojajar Malang

Alifia Widie Safitri, Bambang Budiantono

Abstract

Abstrak

Artikel ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan lembaga keuangan yang semakin pesat setiap tahunnya dan strategi utama yang digunakan adalah strategi segmentasi pasar. Strategi dapat digambarkan sebagai tindakan adaptif untuk menanggapi situasi lingkungan tertentu yang dapat dianggap penting. Perilaku adaptif dilakukan secara sadar berdasarkan pertimbangan rasional. Tentu saja, perkembangan ini menimbulkan persaingan, dengan masing- masing institusi mendapatkan pelanggan sesuai dengan tujuannya. Tentu saja, untuk mencapai tujuan ini memerlukan pelaksanaan strategi segmentasi pasar yang tepat untuk memastikan bahwa tujuan tersebut diinginkan. Segmentasi melibatkan pemilihan target pasar yang akan berdampak positif atau menguntungkan perusahaan atau bank. Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Sawojajar menjual sebuah produk pembiayaan, salah satu produk yang dijualnya adalah Small Medium Enterprise atau Usaha Kecil Menengah (UKM), yang ditujukan untuk modal kerja bagi pengusaha papan atas. Lebih dari 200 juta. Sebagai metode penelitian, kami mengadopsi penelitian kualitatif di mana peneliti langsung mencari informasi dan data yang diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah strategi segmentasi pasar BSI KC Sawojajar untuk meningkatkan jumlah nasabah dan bagaimana menganalisis segmentasi pasar terhadap persaingan dengan bank lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan data lapangan sebagai bahan referensi utama. Hasil dari penelitian ini adalah segmentasi pasar dalam pertumbuhan jumlah nasabah SME di BSI KC Sawojajar diantaranya segmen Kesehatan, segmen Pendidikan dan segmen Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dengan pendekatan demografis.

Kata kunci: Strategi, Segmentasi Pasar, Nasabah, Pembiayaan, KUR Kecil

 

Abstract

This final project is motivated by the phenomenon of the development of financial institutions that are increasingly rapidly every year and the main strategy used is the market segmentation strategy. Strategy can be described as an adaptive action to respond to certain environmental situations that can be considered important. Adaptive behavior is carried out consciously based on rational considerations. Of course, this development gave rise to competition, with each institution gaining customers according to its objectives. Of course, to achieve this goal requires the implementation of the right market segmentation strategy to ensure that the goal is desired. Segmentation involves selecting a target market that will have a positive or beneficial impact on the company or bank. Bank Syariah Indonesia (BSI) Sawojajar Branch sells a financing product, one of the products it sells is Small Medium Enterprise or Small Medium Enterprise (UKM), which is intended for working capital for top entrepreneurs. More than 200 million. As a research method, we adopt a qualitative research in which the researcher directly seeks the necessary information and data. The formulation of the problem in this study is the market segmentation strategy of BSI KC Sawojajar to increase the number of customers and how to analyze market segmentation against competition with other banks. This research is a type of field research that uses field data as the main reference material. The results of this study are market segmentation in the growth of the number of SME customers at BSI KC Sawojajar including the Health segment, Education segment and the Fast Moving Consumer Goods (FMCG) segment with a demographic approach.

Keywords: Strategy, Market Segmentation, Customers, Financing, Small KUR

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF view : 264 times

Full Text:

PDF

References

Amalia, A. (2016, August). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN SWOT PADA PERUSAHAAN POPSY TUBBY. Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis, I.

Amstrong, G. (2003). Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis. Angkasa, 34.

Avi, B. S. (2022, 06 22). General Affair. (A. W. Safitri, Interviewer)

Cermati.com. (2021, April 8). Bank Syariah: Prinsip yang diamalkan dan Manfaat yang Didapat. Retrieved from cermati.com: https://www.google.com/amp/s/www.cermati.com/artikel/amp/bank-syariah-prinsip-yang-diamalkan-dan-manfaat-yang-didapat

Erawati, D. (2021). Analisis Implementasi Service Excellence Customer Service Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Pembantu Kota Batu.

Fadli, R. (2018). TUGAS AKHIR SEGMENTASI PRODUK FUNDING PADA PT. BANK LAMPUNG CABANG METRO. IAIN METRO. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/eprint/2645/1/TUGAS%20AKHIR%20RAYMOND%20FADLI%2014123238.pdf

Fajar, & Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta:Graha Ilmu, 33.

Guru Ekonomi. (2021). Nasabah . sarjanaekonomi. Retrieved from https://sarjanaekonomi.co.id/nasabah/

Guru Ekonomi. (2022, April). Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli. sarjanaekonomi. Retrieved from https://sarjanaekonomi.co.id/pengertian-segmentasi-pasar-menurut-para-ahli/

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Grasino.

Ilmu Perbankan + Manajemen Bank. (2020). Ahli Perbankan. Retrieved from Strategi Pemasaran Bank Syariah: https://ahliperbankan.com/strategi-pemasaran-bank-syariah/

Kasmir, S. M. (2018). Pemasaran Bank. Jakarta, Indonesia: K E N C A N A. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ZYCQAAAACAAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=true

Khukmiyah, F. (2021). Laporan Praktek Kerja Lapangan PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang.

Kolter, P. (2005). Strategi Marketing. Cerdas Jaya.

Kurnia, R. D. (2021, April 6). Bank Syariah Indonesia: Sejarah Merger, Saham, hingga Tujuan. Retrieved from https://www.qoala.app/id/blog/bisnis/apa-itu-bank-syariah-indonesia/

Mardiaynto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 93-103.

Merdeka.com. (2021, Juny 29). Fungsi Bank Syariah, Ini Penjelasannya. Retrieved from Merdeka.com: https://m.merdeka.com/trending/fungsi-bank-syariah-ini-penjelasan-lengkapnya-kln.html

newstempo. (2021, August 6). Produk Bank Syariah. Retrieved from github: https://newtempo.github.io/down/post/produk-bank-syariah/

No.21, U. (2008). Perbankan Syariah.

Palupi, R. (2022, 06 22). Branch Office and Service Manager. (A. W. Safitri, Interviewer)

PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. . (n.d.). Retrieved from https://www.bankbsi.co.id/company-information/tentang-kami

Resnawati. (2018). PENERAPAN STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT. BPRS HAJI MISKIN PANDAI SIKEK. e.campus.iainbukittinggi. Retrieved from http://e-campus.iainbukittinggi.ac.id/ecampus/AmbilLampiran?ref=90698&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain

rizensia. (2021, January 25). Ini Penampakan Logo Bank Syariah Indonesia (BSI). Retrieved from Sahabat Investasi Kamu: https://www.rizensia.com/2021/01/ini-penampakan-logo-bank-syariah.html

Saladin, D. (2003). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Pelaksanaan dan. Linda Karya, 171.

Suryani, T. (2017). MANAJEMEN PEMASARAN STRATEGIK BANK DI ERA GLOBAL Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=eaZeDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=segmentasi+pasar+perbankan&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true

Syariah Pedia. (2022). Gambaran Umum Bank Syariah. Retrieved from Syariah Pedia Ensiklopedia Ekonomi Syariah: https://www.syariahpedia.com/2018/10/bank-syariah-definisi-sejarah-prinsip.html?m=1

Wakalahmu. (2022, February 2). Bank Syariah: Pengertian, Fungsi dan Tujuannya. Retrieved from Wakalhmu saatnya klik syar'i: https://wakalahmu.com/artikel/literasi-keuangan/bank-syariah-pengertian-fungsi-dan-tujuannya

Wibowo, D. S., Arifin, Z., & Sunarti. (2015, December 1). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29, 59-66. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/86529-ID-analisis-strategi-pemasaran-untuk-mening.pdf

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016, September). “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta. AJIE- Asian Jurnal of Innovation and Enterpreneurship, I, 178.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.