ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP BELANJA ONLINE DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG (Studi Kasus Pada Konsumen Situs Tumbasin.id)
Abstract
ABSTRAK
Situs Tumbasin.id adalah salah satu situs berbasis online yang bergerak dibidang penjualan kebutuhan pasar yang berada di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2019 dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menganalisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan terhadap minat beli ulang konsumen di situs Tumbasin.id. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 60 responden yang pernah berbelanja kebutuhan pasar secara online di situs Tumbasin.id, setidaknya pernah berbelanja minimal satu kali. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji t, uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen.
ABSTRACT
Tumbasin.id site is one of the sites online based engaged in the sale of market needs in the city of Semarang. This research was conducted in March-April 2019. This type of research is quantitative descriptive. This study analyzes the effect of price, promotion, trust and ease of use on consumer repurchase interests in Tumbasin.id site The sampling method used in this study is non-probability sampling. Samples collected as many as 60 respondents who have shopped online market needs on the Tumbasin.id site have shopped at least once. The analytical method used is multiple regression analysis techniques which include validity, reliability, normality, t-test, F-test and determination test. The results showed that promotion and trust significantly influence consumer repurchase interests.
Keywords
Article Metrics
Abstract view : 1012 timesPDF view : 474 times
Full Text:
PDFReferences
Ahmad dan B.S. Pambudi. 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (Studi pada Program Layanan Internet Banking BRI). Jurnal of Management Studies. 8 (1): 1-11.
Aptaguna, A. dan E. Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala. Journal of Pembangunan Jaya University. Vol 3: 49-56.
Benson, R. J., T. L. Bugnitz, and W. B. Walton. 2007. From Business Strategy to IT Action. Right Decisions for a Bottom Line. John Wiley and Sons, Inc. New Jersey.
Fandiyanto, R., R.A. Sularso dan B. Irawan. 2017. Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Ketanggapan, Harga dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Danbo Secara Online. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growth. 15 (1): -.
Gitosudarmo, I. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Cetakan Keenam, BPFE. Yogyakarta.
Jackson, R.S.W. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Springbed. Jurnal Emba. 1 (4): 607-618.
Kotler, P. 1996. Manajemen Pemasaran : Maketing Management. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). Indeks. Jakarta.
Mandey, J.B. 2013. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal Emba. 1 (4): 95-104.
McLeod, R. Jr., dan Schell, G.P.. 2008. Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.
Moorman, C., R. Deshpande, and G. Zaltman. 1993. Factors Affecting Trust in Market Research Relationships. Journal of Marketing. 57 (1): 81-101.
Murwatiningsih dan E.P. Ariliani. 2013. Apakah Kepercayaan Konsumen Lebih Efektif daripada Risiko dan Harga? Jurnal Dinamika Manajemen. 4 (2): 180-187.
Setyarko, Y. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. 5 (2): 128-147.
Swastha, B. dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Yogyakarta.
Yousafzai, S. Y., J.G. Pallister, and G.R. Foxall. 2003. A Proposed Model of E-Trust for Electronic Banking. Technovation. 23: (847-860).
Yuliawan, E., H. Siagian, dan L. Willis. 2018. Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 12 (2): 34-49.
Refbacks
- There are currently no refbacks.