ANALISIS BIAYA DAN FAKTOR PRODUKSI USAHATANI BUNGA POTONG KRISAN (Chrysanthemum indicum L.) STUDI KASUS DI DESA WONOSARI KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN

Aprilinda Soi, Evi Nurifah Julitasari, D Darmadji

Abstract

Tanaman bunga potong krisan ( Chrysantemum indicum L.) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang bernilai ekonomi, yang menjadi sumber pendapatan petani di Desa Wonosari Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Biaya produksi dan pendapatan dalam usahatani bunga potong krisan, (2) Faktor produksi yang mempengaruhi usahatani bunga potong krisan, (3) Tingkat efisiensi usahatani bunga potong krisan. Sampel penelitian adalah petani bunga potong krisan di Desa Wonosari Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Metode penentuan sampel dilakukan secara random. Metode pengambilan data melalui wawancara langsung berdasarkan kuisioner yang telah disiapkan. Metode analisis data menggunakan model regresi linear berganda dan analisis R/C ratio dan B/C ratio. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) biaya yang dikeluarkan oleh petani bunga potong krisan sebesar Rp18.220.712/ha/musim dengan keuntungan sebesar Rp 43.129.288/ha/musim; (2) Secara bersama-sama faktor luas lahan, tenaga kerja, bibit, pupuk kandang dan pestisida berpengaruh terhadap produksi bunga potong krisan, (3) Secara parsial luas lahan, bibit dan pupuk kandang berpengaruh sangat nyata terhadap produksi bunga potong krisan, sedangkan variabel tenaga kerja dan pestisida tidak berpengaruh (4) Biaya produksi R/C ratio 3.37, sementara nilai B/C ratio 2,37.

Kata kunci: Bunga potong krisan, biaya produksi, produksi, R/C ratio, B/C ratio, faktor produksi

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF view : 2093 times

Full Text:

PDF

References

Andiani, Y. 2013. Budidaya Bunga Krisan. Pustaka Baru Pres. Yogyakarta.

Wulandari, A. 2008. Analisis Usahatani Tanaman Hias. Disertasi tidak dipublikasikan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Rasyid, H. 2005. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani.

Sarpintono. 2009. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi Usahatani.

Feriady, A. 2013. Analisis Pen-dapatan dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pro-duksi Usahatni Sawi Pahit.

Wigati, dkk. Analisis Usahatani Bu-nga Potong Krisan, USM. Surakarta.

.

Nanang. 2013. Konsep Efisiensi. http://Nanagbudianas.blogspot.com. Diakses pada tanggal 1 April 2016.

Gujarati, D. 1995. Ekonometrika Dasar. Terjemahan Sumarno Zain. Erlangga. Jakarta.

Wijardono, A. 2005. Ekonometrika Teori dan Aplikasi. Ekonisia. Yogyakarta.

Suryana, S. 2007. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Jagung. Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.