Analisis fungsi produktivitas dan fungsi pendapatan usahatani Jagung Arjuna di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Andria Pereira Joan, Iwan Nugroho, S Suwarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: a. mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas usahatani jagung Arjuna, b. mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani jagung Arjuna. Lokasi penelitian di desa Mulyo Agung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut termasuk salah satu penghasil jagung Arjuna di Malang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis menggunaan model regeresi liniar berganda dalam bentuk natural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pupuk urea berpengaruh positif terhadap produktivitas usahatani jagung Arjuna. Sementara itu variabel lain, yaitu bibit, pestisida, jumlah tenaga kerja dan luas lahan, tidak berpengaruh terhadap produktivitas usahatani jagung arjuna. 2. Pendapatan usahatani jagung Arjuna dipengaruhi secara negatif oleh upah tenaga kerja dan pajak. Sementara itu, pendapatan usahatani jagung Arjuna dipengaruhi secara positif oleh umur petani.

Kata kunci: Faktor-faktor, pendapatan, produktivitas, usahatani Jagung Arjuna

Article Metrics

Abstract view : 503 times
PDF view : 703 times

Full Text:

PDF

References

Awiyanto. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Jagung di Kabupaten Sumenep. https://www.Researchgate.Net/Publication/

Bambang C. 2007. Jagung, Tehnik Budidaya dan Analisis Usahatani. Aneka Ilmu. Semarang.

Berita Resmi Statistik Provinsi Jawa Timur, No.47/07/35/Th.XIII,1 Juli 2015 http://agris.fao.org/agris-search/search.do?recordID=ID19970140991.

Gunjarati, N.D. 2006. Dasar-dasar Ekonometrika Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Hafzrianda, Y., C.M. Bisai dan A.R. Pajeru. 2012. Analisis Pertumbuhan dan Potensi Sektoral.

Nicholson, W. 1999. Teori Ekonomi Mikro Prinsip Dasar dan Pengembangannya. Cetakan Kelima. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Purwanto, S. 2007. Perkembangan Produksi dan Kebijakan dalam Peningkatan Produksi Jagung.

Ravianto, J. 1985. Produktivitas dan Manajemen SIUP . Jakarta

Rukmana, R. H. 2007. Budidaya dan pasca panen jagung. Aneka Ilmu. Semarang.

Sudaryanto. 1991. Kajian Analisis Usahatani di Ciawi. Materi Pelatihan Dasar II. 12 April 1991. Ciawi. Bogor.

Soekartawati. 2002. Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pemasaran dan Hasil-Hasil Pertanian (teori dan aplikasi). Raja Grafindo. Jakarta.

Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi, dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Rajawali Press. Jakarta.

Soekartawi. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Pertanian. UI-Press. Jakarta.

Sumiarti, M. 1997. Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan. Edisi II. Liberty. Yogyakarta.

Yull, A. R. N. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Pendapatan Petani Jagung (Studi Kasus: Desa Lau Bakeri, Kec. Kuta Limbaru, Kab. Deli Serdang). http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.