ANALISIS FAKTOR PRODUKSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI RAKYAT DI DESA GOMBENGSARI KECAMATAN KALIPURO KABUPATEN BANYUWANGI

Dewi Anggita, S Soetriono, Ati Kusmiati

Abstract

Perkebunan kopi robusta adalah mata pencaharian utama masyarakat Desa Gombengsari. Keberhasilan perkebunan kopi dipengaruhi oleh produksi kopi, harga kopi, biaya produksi, dan pemeliharaan tanaman kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usaha tani kopi rakyat, 2) untuk mengetahui pendapatan petani kopi, 3) untuk mengetahui strategi pengembangan usahatani kopi rakyat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Cobb Douglas, analisis pendapatan, dan Force Field Analysis (FFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi kopi rakyat adalah luas lahan, pupuk organik, pupuk anorganik, dan tenaga kerja. 2) usahatani kopi menguntungkan dengan penghasilan Rp 10.691.146,35. 3) strategi pengembangan pertanian kopi berdasarkan FFA yang memaksimalkan faktor pendorong berupa petani berpengalaman dalam budidaya dan meminimalkan hambatan dalam bentuk modal terbatas, masing-masing.

 

Kata kunci:  analisis Cobb Douglas, faktor produksi, force field analysis (FFA), perkebunan kopi robusta

Article Metrics

Abstract view : 1075 times
PDF view : 1117 times

Full Text:

PDF

References

Ambarita, J. P. dan I. N. Kartika. 2015. Pengaruh Luas Lahan, Penggunaan Pestisida, Tenaga Kerja, Pupuk Terhadap Produksi Kopi Di Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana. Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. 4 (7): 776-793.

Badan Pusat Statistik. 2016. Jawa Timur Dalam Angka 2016. Sidoarjo. PT Sinar Murni Indopriting.

Budiman, H. 2012. Prospek Tinggi Bertanam Kopi. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Fitri, N. A. 2011. Analisis Usahatani Perkebunan Kopi Rakyat Di Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Jember. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.

Nursiyono, J. A. dan Nadeak, Pray P.H. 2016. Setetes Ilmu Regresi Linier. Malang. Media Nusa Creative.

Rahardjo, P. 2012. Kopi : Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta. Penebar Swadaya.

Risandewi, T. 2013. Analisis Efisiensi Produksi Kopi Robusta Di Kabupaten Temanggung (Studi Kasus di Kecamatan Candiroto). Litbang Provinsi Jawa Tengah. 11 (1): 87-102.

Rukmana, H. R.. 2014. Untung Selangit dari Agribisnis Kopi. Yogyakarta. Lily Publisher.

Sianipar dan Entang. 2008. Teknik-teknik Analisis Manajemen. Jakarta. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Soejono, D. 2012. Rancangan Strategi Pengembangan Produksi, Produktivitas Dan Mutu Komoditas Kopi Robusta Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. J-SEP. 6 (3): 12-18.

Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb Douglas. Jakarta. Rajawali.

. 1995. Analisis Usatani. Jakarta. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Soetriono, dkk. 2010. Daya Saing Agribisnis Kopi Robusta. Malang. Surya Pena Gemilang.

Susilowati, P. 2011. Analisis Usahatani dan Prospek Pengembangan Usahatani Kopi Rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Petanian Universitas Jember.

Wahyu, E. dan A. Suwandari. 2012. Faktor-Faktor yang Mem-pengaruhi Pendapatan dan Prospek Usahatani Kopi Rakyat di Desa Sumberbulus Kec. Ledokombo, Kab. Jember. JSEP. 6 (3) : 43-52.

Widjaya, D. 2016. Efisiensi Teknis dan Ekonomis Usahatani Kopi Arabika Rakyat di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.