HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI, KEDISIPLINAN, KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN PERAN SUPERVISOR DENGAN KINERJA KARYAWAN PABRIK SUSU CV. CITA NASIONAL DI KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH

Astida Yussi, Bayu Nuswantara

Abstract

Salah satu industri pengolahan susu di Jawa Tengah adalah CV. Cita Nasional berlokasi di Salatiga - Kopeng Km. 5, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara motivasi, disiplin, kompensasi, lingkungan kerja, dan peran pengawas dengan kinerja karyawan pabrik susu di CV. Cita Nasional. Penelitian dilakukan pada bulan April-Mei 2018. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 60 karyawan pabrik CV. Cita Nasional. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, disiplin, kompensasi, lingkungan kerja, dan peran pengawas memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja karyawan.

Keywords

motivasi, disiplin, kompensasi, lingkungan kerja, peran pengawas

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF view : 142 times

Full Text:

PDF

References

Aditya, R. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Sinar Santosa Perkasa Banjar-negara. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Astuti, D. 2002. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Susu Bubuk (Studi Kasus : PT Mirota KSM Inc., Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Fahrizal, S. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT. Jamu Jago Kota Semarang). Skripsi. Univer-sitas Diponegoro. Semarang.

Heidjrachman dan Husnan. 2002. Manajemen Personalia. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi (BPFE). Yogyakarta.

Herdian, A. 2010. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Slamet Langgeng Purbalingga Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hertati, D. 2009. Hubungan Kompensasi dengan Kinerja Karyawan di VICO Indonesia Company Muara Badak Kalimantan Timur. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol.7 , No. 2.

Indriani, D. dan E. Madiono. 2015. Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewurausahaan. 17(2).

Latief, B. 2012. Faktor-Faktor yang Melatiefmpengaruhi Kinerja Karyawan PT. Mega Mulia Servindo di Makasar. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. 1(1).

Nawawi, H. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Pitria, P. 2017. Hubungan Disiplin Kerja dengan Kinerja Karyawan pada PT. Mitra Konservasi Indonesia (Cico Resort). Jurnal Manajemen. 1(1).

Priatini, A. 2012. Hubungan Motivasi dengan Kinerja Karyawan Pada PT. Aero Perdana Internusa. Skripsi. Universitas Widyatama. Bandung.

Puji, E. L. 2014. Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada KPPN Percontohan Jambi, Bangko dan Muara Bungo. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 10 (2).

Putri, I.U., A, Hermani D.S., dan S. Nurseto. 2014. Analisis Pengaruh Peran Supervisor dan Pelatihan terhadap Kinerja Tenaga Penjualan PT. Nasmoco Gombel Semarang. Jurnal. Universitas Dipo-negoro. Semarang.

Setiaji, B. 2004. Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif, Program Pascasarjana UMS. Fakultas Ekonomi-UMS. Surakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Thoha, M. 2011. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.