ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KINERJA DAN TINGKAT KEPENTINGAN PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA AGRO HORTIMART AGRO CENTER BAWEN, KABUPATEN SEMARANG

Trie Venny Pratiwi, Y Yuliawati

Abstract

Objek wisata agro adalah produk jasa yang ditawarkan oleh perusahaan untuk menarik banyak pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung dengan tingkat kinerja dan kepuasan pengunjung terhadap Agro Hortimart Agro Center. Pendekatan yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan metode survei dan kuesioner sebagai alat penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan 40 orang sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan Cartesian Diagram. Hasil analisis tingkat kepuasan pengunjung dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa tingkat kinerja lebih tinggi dari kepentingan pengunjung (performance > importance) dengan skor rata-rata tingkat kinerja 4,06 dan skor rata-rata kunjungan pengunjung 4.02. Diagram kartesius menunjukkan bahwa kuadran I dan III membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengunjung puas dengan kinerja yang dilakukan oleh Hortimart Agro Center.

Keywords

agrowisata, diagram kartesius, importance performance analysis (IPA), kepuasan pengunjung

Article Metrics

Abstract view : 533 times
PDF view : 419 times

Full Text:

PDF

References

Anggraini, L.D dkk. 2015. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 4(2):74-81.

Astuti, T.M. 2014. Potensi Agrowisata dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta. Jurnal JDP. 1(1).

Cronin, J.J dan S.A. Taylor. 1992. Measuring Service Quality: A Reexaminatiation and Extension. Journal of Marketing. Juny 56:55-68.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Program Magister Manajemen UNDIP. Semarang.

Lupiyoadi, R. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Ghulia Indonesia, Jakarta.

Santoso. 2011. Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Bakpao Telo dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Teknologi Pertanian. 12(1):9.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.

Suryawan, S dan D. Dharmayanti. 2013. Analisis Hubungan Antara Experiental Marketing, Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Café Nona Manis Grand City Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 2(3):3.

Sunarti, Dwi A.A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffe Sop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis. 51(2).

Swasta, B. 2000. Asas-Asas Marketing. Liberty. Yogyakarta.

Tjandrawan, D.I. 2005. Total Quality Management Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Produk, Guna Menunjang Aktivitas Perusahaan. Jurnal Manajemen Krida Wacana. 5(3): 165-180.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Salemba Empat, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.