Author Guidelines

Naskah belum pernah diterbitkan di jurnal lain yang dinyatakan dengan surat pernyataan dalam form (terlampir). Naskah merupakan hasil penelitian, analisis kebijakan atau gagasan dengan topik yang aktual dengan lingkup bidang ilmu-ilmu pertanian. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan mengikuti pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Pengiriman softcopy naskah disertai dengan biodata penulis ditujukan kepada redaksi Agrika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian via OJS di http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/agrika/user/register. Jadwal penerbitan adalah bulan Mei dan November. 

Ketentuan Penulisan naskah dalam bahasa Indonesia diketik dengan proses pengolah kata MS Words, Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, jumlah halaman 12-15 halaman, kertas A4 dengan margin: atas 4 cm, kiri 3 cm, bawah 2,5 cm, dan kanan 2,5 cm.

Tata Cara Penulisan Naskah

1.  Judul naskah ditulis dengan Times New Roman 14, cetak tebal, rata tengah, spasi tunggal, lugas dan informatif, terdiri dari 12-15 kata. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Nama penulis tanpa gelar akademik, dengan Times New Roman 12 cetak tebal, di bawahnya disertai alamat korespondensi (email) dan afiliasi penulis. Email dan afiliasi ditulis dengan Times New Roman 12;  2. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 250 kata dengan Times New Roman 12 dengan spasi tunggal. Abstrak ditulis secara utuh dan mengandung semua kata kunci; 3. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata dengan Times New Roman 12 cetak miring disusun alfabetis dari kiri ke kanan; 4. Isi naskah ditampilkan dengan format rata kiri-kanan, Times New Roman 12. Isi naskah mengandung-unsur-unsur sebagai berikut: a. Naskah hasil penelitian memuat: pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, ucapan terima kasih (apabila perlu) dan daftar pustaka. b. Naskah berupa tinjauan (review) memuat: Pendahuluan, Pokok-pokok Pikiran yang dijadikan bahan analisis;  5. Pendahuluan ditulis secara efisien dan menggambarkan latar belakang masalah, kajian pustaka (terori dan hasil-hasil penelitian terdahulu) dan tujuan penelitian (tidak dalam sub bab); 6. Metode penelitian ditulis secara lengkap dan rinci; 7. Hasil dan pembahasan memuat hasil penelitian yang diperoleh serta interprestasinya disertai dukungan teori atau hasil penelitian terdahulu; 8. Kesimpulan dan saran ditulis secara ringkas dan menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh dan rekomendasi tindak lanjut.

2.  Daftar Pustaka

Disusun berdasarkan sistem Harvard, yaitu sistem nama dan tahun, dengan urutan alfabet nama pengarang, tahun, judul dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam artikel yang dicantumkan dalam daftar pustaka.

Pustaka dalam teks disitasi sebagai berikut:  Dua penulis, Smith dan Jones (2005) atau (Smith dan Jones, 2005);  Tiga penulis atau lebih, Smith dkk. (2005) atau (Smith dkk., 2005).  Penulisan pustaka dalam naskah berbahasa Inggris adalah: Smith and Jones (2005) atau Smith et al., 2005. 

Pustaka yang ditulis oleh penulis yang sama pada tahun  yang sama dibedakan dengan huruf kecil a, b, dst. baik di dalam teks maupun dalam daftar pustaka (misalnya 2005a atau 2005b).

Cara penulisan pada daftar pustaka pustaka dari jurnal: 

Pansegrau, W., Lanka, E., Barth, P. T., Figurski, D. H., Guiney, D. G., Haas, D. Helinski, D. R., Schwab, H., Stanisich, V. A. and Thomas, C. M. (1994). Complete nucleotide sequence of Birmingham IncPα plasmids. Compilation and comparative analysis. Journal of Molecular Biology 239: 623-663.

Pustaka dari buku: 

Sambrook, J., Fritsch, E. F. and Maniatis, T. (1989). Molecular Cloning: a Laboratory Manual, 2nd eds. Cold Spring Harbor, New York. 

Pustaka dari bab suatu buku: 

Fricker, C.R. (1995). Detection of Cryptosporidium and Giardia in water. dalam: Betts, W.B., Casemore, D., Fricker, C.R., Smith, H.V. and Watkins, J. (ed.). Protozoan Parasites in Water, p. 91-96. The Royal Society of Chemistry, London. 

Informasi dari internet: 

Badan Pusat Statistik (2002). Daily per capita consumption of  protein, Indonesia, 2002. http://www.bps.go.id/sector/consumpexp/table1.shtml. [23 April 2007].

Gambar, Grafik, atau Tabel

Gambar, grafik atau tabel diketik menjadi satu dalam teks.

Tabel:  Pengetikan garis tabel pada baris isi tabel di baris atas dan baris akhir saja, tanpa garis kolom. Huruf kapital hanya di awal judul Tabel atau istilah tertentu, Times New Roman 12. Keterangan tabel ditulis dalam Times New Roman 12

Grafik:  Tanpa outline, huruf kapital hanya di awal kalimat atau untuk istilah tertentu, Times New Roman 12.

Panduan penulisan selengkapnya bisa diunduh (download), dan template penulisan (download).

Biaya Publikasi

Penulis yang mengirimkan naskah dan naskahnya dinyatakan layak terbit dikenakan biaya publikasi sebesar Rp. 250.000,- per naskah.  Redaksi tidak menarik biaya submit, biaya proses edit atau lainnya selain ketentuan tersebut.

Pengiriman naskah

Penulis yang ingin mengirim naskah dapat register pada OJS sebagai author, atau berkirim naskah melalui email.

Info lebih jauh dapat menghubungi redaksi

AGRIKA: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian  
Fakultas Pertanian, Universitas Widyagama Malang
Jl. Taman Borobudur Indah 3 Malang 65128,
Email: agrika@widyagama.ac.id,
Telp. (0341) 492282, 49168 Fax (0341) 496 919