Frekwensi Terbit

Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian “AGRIKA” terbit dua kali setahun, yaitu bulan Mei dan November. 

Proses Review

Redaksi pelaksana menerima dan mengevaluasi kelayakan teknis dan administrasi naskah yang masuk dari penulis. Redaksi kemudian mengirim naskah kepada dua orang dewan redaksi (blind review) sesuai dengan kompetensinya, untuk mereview naskah.  Naskah direview secara obyektif dengan identitas disamarkan.  Naskah hasil review dikembalikan ke redaksi pelaksana.  Naskah yang dinyatakan layak dikirim ke tim editor teknis untuk proses edit dan terbit.  Naskah yang memerlukan revisi dikembalikan ke penulis, untuk menyempurnakan naskah.  Naskah yang dinilai tidak layak dikembalikan ke penulis.  Setiap tahapan proses review disampaikan kepada penulis.

Format Penulisan

Redaksi menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian atau review/studi pustaka.  Naskah harus memenuhi format sebagai berikut:

  1. Menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dalam tata bahasa akademik atau ilmiah.  Naskah Bahasa Indonesia memenuhi kaidah bahasa yang baik dan benar, sebagaimana Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD)
  2. Susunan bahasan dari hasil penelitian meliputi Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terimakasih, dan Daftar Pustaka.  Susunan bahasan dari review atau studi pustaka dapat menyesuaikan dan tetap memuat Abstrak, Pendahuluan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terimakasih, dan Daftar Pustaka.
  3. Panjang naskah berkisar 8 hingga 10 halaman, termasuk kata dalam ilustrasi tabel, gambar atau lainnya.
  4. Format naskah terkait ukuran kertas, font, spasi dan lain-lain, menggunakan template yang dapat diunduh di website jurnal.  Cara mudah untuk memindah dari file asal ke template adalah dengan cara copy paste text

Informasi dan korespondensi dapat menghubungi
Sekretariat Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian “AGRIKA”,
Fakultas Pertanian, Universitas Widyagama Malang
Jl. Taman Borobudur Indah 3 Malang 65128,
Email: agrika@widyagama.ac.id,
Telp. (0341) 492282, 49168 Fax (0341) 496 919