STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI MALANG RAYA

Tuti Hastuti, Marjani A. T., Endah Puspitasarie

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yang meliputi: (1) memahami potensi ekonomi kreatif di Malang Raya; (2) menganalisis perkembangan ekonomi kreatif; dan (3) mengonseptualisasikan ide-ide komprehensif ekonomi kreatif yang terdiri dari berbagai kegiatan mulai dari menemukan ekonomi kreatif di suatu daerah hingga membuat rencana strategis untuk mengembangkannya. Tiga metode analisis yang digunakan oleh penelitian ini, masing-masing, adalah: (1) Analisis Location Quotient (LQ); (2) Analisis Shift Share (SS); dan (3) Analisis Matriks SWOT. Beberapa temuan diperoleh, dan penjelasannya diberikan sebagai berikut. Sektor-sektor unggulan di Kota Malang meliputi: (a) Sektor Pasokan Air, Pengelolaan Sampah & Limbah, dan Daur Ulang; (B) Sektor Konstruksi; (c) Sektor Perdagangan Grosir & Eceran dan Reparasi Mobil & Sepeda Motor; (d) Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi; (e) Sektor Layanan Pendidikan; dan (f) Sektor Layanan Kegiatan Sosial dan Kesehatan. Sektor unggulan di Kota Batu terdiri dari: (a) Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan; (B) Sektor Konstruksi; (c) Sektor Perdagangan Grosir & Eceran dan Reparasi Mobil & Sepeda Motor; (d) Sektor Akomodasi dan Penyediaan Makanan & Minuman; dan (e) Sektor Layanan Lainnya. Sektor-sektor unggulan di Kabupaten Malang terdiri dari: (a) Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; (B) Sektor Industri Pengolahan; dan (c) Sektor Layanan Lainnya. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi strategis ekonomi kreatif di Malang Raya digambarkan sebagai yang tumbuh dan berkembang. Alternatif strategi yang disarankan untuk digunakan di masa depan adalah strategi pengembangan pasar.

Keywords

Ekonomi Kreatif; Daya Saing

Full Text:

PDF

References

Dias Satria dan Ayu Prameswari. 2011. Permasalahan industri kreatif distro clothing di Kota Malang. JAM. Vol 9 No 1. FE Unbraw

Gunarianto dan M. Nasri. 2011. Kajian Kompetensi Industri Daerah Kota Pasuruan. Hasil Penelitian

Media Indonesia. 2019. Industri Kreatif Di Era 4.0. E-paper.

Netty Purnamasari. 2014. Analisis peran ekonomi kreatif sektor pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Batu. Skripsi FE Unbraw.

Siti Asiyah , Gunarianto dan Tuti Hastuti. 2007. Perumusan Konsep Kebijakan Peningkatan Kualitas Sentra Industri Mikro Dan Kecil Kota Blitar. Hasil Penelitian

Siti Asiyah, Gunarianto dan Alfiana. 2008. Kajian Penanaman Modal Bagi UMKM Sektor Perdagangan Dan Jasa di Kota blitar. FE-Univ. Widyagama Malang. Hasil Penelitian

Tuti Hastuti, Alfiana and Siti Asiyah. 2013. Model Pemberdayaan UMKM Sebagai Upaya Pengurangan Kemiskina Di Malang Raya. Hasil Penelitian Hibah Bersaing. DP2M-DIKTI

Tuti Hastuti, Alfiana and Siti Asiyah. 2014. Micro, Small and Medium Enterprise (MSME) Empowerment Model as the Effort for Peverty Eradication in Malang Raya. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI) Vol. 3- Issues 1 (January-2014 Version).

Tuti Hastuti, Alfiana and Siti Asiyah. 2015. Micro, Small and Medium Enterprise (MSME) Empowerment Model as the Effort for Peverty Eradication in Malang Raya. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI) Volume 4- Issues 1-Version 1 (January-2015 Version). Hasil Penelitian PHB Tahun II.

Wahyuni, E, dkk. 2005. Lilitan Masalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Kontroversi Kebijakan (Studi Kasus Sumatera Utara). Medan: Penerbit Bitra Indonesia.

Yudha Prasetyawan, Alia D., Heru Sucahyo dan M. Ziyad. 2013. Identifikasi Kompetensi Inti Produk Unggulan Industri Kreatif Kap Lampu di Kabupaten Malang”. Simposium Nasional RAPI VIII. Surakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.