PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN INDUSTRI KREATIF MELALUI DIGITAL MARKETING DAN INTELLECTUAL CAPITAL (Studi pada Industri Kreatif Berbasis Olahan Sampah dan Barang Bekas di Kota Malang)

Agus Purnomo Sidi, Ahmad Nizar Yogatama

Abstract

Saat ini di kota Malang semakin banyak bermunculan industri kreatif sub-sektor kriya berbasis olahan sampah dan barang bekas. Namun, dalam perkembangannya, banyak kendala yang dihadapi oleh industri-industri kecil ini, seperti pemanfaatan digital marketing yang kurang optimal. Sebagaimana yang telah diketahui oleh masyarakat luas, inovasi digital dapat membangun konektivitas sehingga pelaku-pelaku bisnis banyak yang terhubung dengan pasar baru maupun akses modal yang berdampak pada kinerja industri. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran melalui intellectual capital, baik secara langsung maupun tidak langsung. Studi ini dilakukan terhadap para pengusaha industri kreatif pengolah limbah dan barang bekas dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 100 sampel pelaku industri dipilih melalui teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui survei kuisioner kemudian dianalisis menggunakan path analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengaruh langsung digital marketing terhadap kinerja pemasaran lebih tinggi dibandingkan pengaruh tidak langsungnya melalui intellectual capital. Walau demikian, intellectual capital mampu memediasi pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran. Jadi, digital marketing yang digunakan oleh para pengusaha industri dapat meningkatan pengetahuan yang bisa diubah menjadi profit, sedemikian hingga volume penjualan, pertumbuhan pelanggan, dan pertumbuhan pendapatan juga semakin tinggi.

Keywords

Industri Kreatif, Digital Marketing; Intellectual Capital; Kinerja Pemasaran

Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF view : 227 times

Full Text:

PDF

References

Camfield, Clarissa Gracioli, Cíntia Paese Giacomello, Miguel Afonso Sellitto. (2018) The impact of intellectual capital on performance in Brazilian companies. Journal of Technology Management & Innovation, Volume 13, Issue 2, pp. 23-32.

Creswell, JW., 2010, Research Design. Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Third Edition, Sage Publication, USA.

Daniel Laksana And Diah Dharmayanti. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan intellectualcapital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12, No. 1, pp. 10─24.

Dristianto, Arga, Rodhiyah. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Penjualan Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Kecil Dan Menengah Batik Tulis Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol.5, No.4, Pp.1-10.

Hassim, Andreas. (2016). Revolusi Industri 4.0, diunduh dari http://id.beritasatu.com/home/revolusi-industri-40/145390 pada tanggal 5 Agustus 2018.

Kalkan, Adnan, Özlem Çetinkaya Bozkurt and Mutlu Arman. (2014). The Impacts of Intellectual Capital, Innovation and Organizational Strategy on Firm Performance, 10th International Strategic Management Conference, Procedia - Social and Behavioral Science, pp. 700 – 707.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Alih Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kurniawan, Sigit, 2017, Memahami Marketing 4.0 dalam konteks Ekonomi Digital, diunduh dari http://marketeers.com/mengenal-marketing-4-0-dalam-konteks-ekonomi-digital/ pada tanggal 5 Agustus 2018.

Liesander, Indra dan Diah Dharmayanti. (2017). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timur, Jurnal Strategi Pemasaran, Vol.2, No.4, pp. 1-13.

Mokhtaran, Mahrokh and FatemehSadat Haghdoust Gilani. (2016). The Effect of Using E-Marketing in SME Marketing Success. Applied mathematics in Engineering, Management and Technology, Vol.4, Issue.3, pp:8-14.

Nuseir, Mohammed T. (2018). Digital Media Impact on SMEs Performance in The UAE. Academy of Entrepreneurship Journal, Volume 24, Issue 2, Pp. 1-13.

Pasha, Aufi Ramadhania, 2018, Raup Untung Besar dari Bisnis Daur Ulang Barang Bekas, diunduh dari https://www.cermati.com/artikel/raup-untung-besar-dari-bisnis-daur-ulang-barang-bekas pada tanggal 1 Agustus 2018.

Pradiani, Theresia. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi STIE Asia Malang, Vol. 11, No. 2, pp. 46-53.

Purwana, Dedi, Rahmi dan Shandy Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) E-ISSN: 2580-4332, Vol. 1, No. 1, pp. 1-17.

Ronaldo. (2017). 10 Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Ini Bisa Dijual Mahal Lho, diunduh dari https://www.idntimes.com/life/diy/ronaldo-3/kerajinan-tangan-dari-barang-bekas-c1c2/full pada tanggal 1 Agustus 2018.

Yasmin, Afrina, Sadia Tasneem, and Kaniz Fatema. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, Volume 1, Issue 5, Pages 69-80.

Yudith, Novi Febriyanto, 2005, Analisis Distribusi Selling-In untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Dalam Hubungan Antara PT. Expand Berlian Mulia dengan Outlet-Outletnya di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta), Tesis, Program Studi Magister Manajemen, Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro, Semarang.

Zehri, Chokri, Asma Abdelbaki, Najla Bouabdellah, 2012, How Intellectual Capital Affects A Firm’s Performance?, Australian Journal of Business and Management Research, Vol.2, No.08, pp.24-31.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.