EVALUASI LULUSAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG

Wiwin Purnomowati, Dadang Hermawan, Syahroni Wahyu Iriananda

Abstract

Pusat Pengembangan Karir (P2K) Universitas Widyagama dibentuk berdasarkan Peraturan Universitas Widyagama Malang Nomor 1 tahun 2013 pasal 42  tentang Organisasi dan Tata Kelola. Pusat Pengembangan Karir merupakan lembaga penunjang universitas yang melaksanakan pengembangan aktivitas kemahasiswaan di bidang  karir, pembelajaran kompetensi dan softskill dan bursa kerja. Tracer Studi telah menjadi instrumen evaluasi proses pendidikan dan pengembangan Lembaga. Tujuan jangka panjang pelaksanaan Tracer Studi di Universitas Widyagama Malang adalah menyediakan pangkalan data lulusan yang up to date dan dapat diakses oleh unit-unit yang berkepentingan untuk mendapatkan gambaran peta lulusan terhadap dunia kerja, kesenjangan kompetensi lulusan dengan dunia kerja serta gambaran perkembangan karier (penyerapan, proses dan posisi) lulusan  pada dunia kerja. Pusat Pengembangan Karir (P2K) yang salah satu tugasnya adalah mengkoordinasi dan melaksanakan Tracer studi. Selain itu P2K juga melaksanakan fungsi sebagai Pembinaan dan pengelolaan pengembangan karir dan bursa kerja dan lain-lain. Jumlah Responden dalam pelacakan tracer studi tahun 2018 sebesar 138 dari Target Populasi sebesar 249 dan Target subyeknya sebesar 205 dari Alumni tahun 2016. Hal ini dapat diketahui bahwa ada peningkatan Gros Response Rate pada pelacakan alumni tahun 2018 yaitu sebesar 55, 42 %  dibandingkan dengan pada tahun 2017 sebesar 53.14%, sedangkan pada tahun 2018 untuk Net Response Rate didapatkan sebesar  67.32%

Keywords

tracer studi; kompetensi; pengembangan karir

Full Text:

PDF

References

Sailah, Illah. 2011. Perlunya Tracer Study ntuk Pendidikan Tinggi, Jakarta (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti).

Syafiq, Ahmad dan Sandra Fikawati. Progres and Development of Tracer Study in Indonesia. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.

Syafiq, Ahmad dan Sandra Fikawati. 2016. Metodologi dan Manajemen Tracer Study. Penerbit Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Web Universitas Widyagama Malang http://widyagama.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.