PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSA KATA PADA ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL (GAMBAR)

Amalia Risqi Puspitaningtyas, Vidya Pratiwi

Abstract

Autis merupakan gangguan perekembangan yang kompleks yang menyangkut hal komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi dan gejalanya sudah mulai tampak sebelum ana berusia 3 tahun. Penyandang autisme seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Anak autis merupakan bagian dari anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan dalam ketrampilan interaksi dan komunikasi. Komunikasi adalah modal utama seseorang untuk bisa berinteraksi  dan mendapatkan berbagai informasi melalui lingkungan. Lingkungan diyakini sebagai sumber yang sangat berpengaruh untuk pembangunan. Salah satunya adalah anak autis yang memiliki masalah besar dalam komunikasi dan bahasa, sehingga kosa kata yang didapat terbatas. Oleh karena itu pembelajaran bahasa untuk anak-anak autis memiliki posisi penting.  Tujuan penelitian ini untuk meningatkan kemampuan kosa kata anak autis dengan menggunkan media visual (gambar) dan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Single Subject research (SSR), subjek penelitian ini adalah anak autis yang ada SDN 8 kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada fase baseline (A1) kemampuan  kosakata anak adalah sebesar 22%. Setelah diadakan tindakan pada tahap  intervensi (B) kemampuan siswa meningkat menjadi 60 %. Selanjutnya diadakan tes pada tahap baseline (A2) sebagai tolak ukur, dan ternyata kemampuan kosakata  subjek menjadi menjadi 75 %. Jadi peningkatan penguasaan kosakata dari tahap  baseline 1 ke intervensi sebesar 43 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media visual (gambar) dapat meningkatkan kosakata anak  autis.

Keywords

Media Visual; Kemampuan Kosa kata; Autis

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF view : 44 times

Full Text:

PDF

References

Greenspan, Stanley & Wieder, Serena. 2010. Enganging Autism: Melangkah Bersama Autisme. Jakarta: Yayasan Ayo Main.

Irwanto, Setiadi, Rudy, dkk. 2011. Austime Dari A Sampai Z: Edisi Khusus Majalah AnakSpesial. Jakarta: CV. Anak Spesial Mandiri.

Kurnia, Andriani. 2007. Pengembangan Metode Pembelajaran Anak Autis Dengan Menggunakan Pendekatan Eksploratif. Tidak Dipublikasikan. PKM. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., Greene, Beverly. 2003. Psikologi Abnormal-Edisi

Kelima Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Surfas, Sean. 2004. The Developmental, Individual Difference, RelationshipBased“DIR” Therapy With Older Students With Severe DevelopmentalDisabilities including Autism.

Santrock, W. John. 1995. Life-Span Developmental: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih & Ranuh, IG.N Gede. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Pradini, 2016.Metode Floor Time Terhadap Penambahan Kosakata Anak Autis di SLB.Tidak dipublikasikan.Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Natawidjaja, R & Zainal Alimin, (1996), Penelitian Bagi Guru Pendidikan Luar Biasa, Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.