FENOMENA BAHASA POLITIK DALAM RUBRIK POJOK “MANG USIL” DI HARIAN KOMPAS EDISI PEMILU 2019: TINJAUAN FILSAFAT ANALITIK JOHN LANGSHAW AUSTIN

Siti Saudah

Abstract

Bahasa Politik dalam ilmu filsafat merupakan bagian filsafat khusus yaitu filsafat analitik atau filsafat bahasa. Hal tersebut dapat dipahami, bahwa setiap pembicaraan politik selalu memerlukan bahasa sebagai sarana untuk mencapai tujuan, dan apa yang ada dibalik bahasa politik rubrik pojok ‘Mang Usil’ merupakan permasalahan yang akan diuraikan  dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan informasi tentang tipikal dan relevansi rubrik pojok “Mang Usil” dengan Teori Tindak Bahasa (Speech Acts) John Langshaw Austin pada Surat Kabar KOMPAS. Berkaitan dengan uraian di atas, sehingga penelitian ini menggunakan objek formal teori speech acts John Langshaw Austin. Penelitian ini menggunakan pendekatan reflektif filosofis dengan unsur-unsur metodis meliputi: histories, analisis-sintesis, deskriptis, dan interpretasi. Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) tipikal bahasa politik dalam rubrik pojok ‘Mang Usil’ bercorak ironi dan sarkasme;  (2) ada relevansi antara tindak bahasa locutionary acts, illocutionary acts dan perlocutionary acts  John Langshaw Austin dengan rubrik pojok ‘mang usil’ (3) terdapat nilai-nilai moral sebagai bentuk tanggung  jawab.

Keywords

Speech acts; bahasa politik; ironi; sarkasme

Full Text:

PDF

References

Alwasilah, A. Chaedar. (2014). Filsafat Bahsa dan dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Austin, J.L. (1962) Haw to Do Thing With Words, Edited By J.O Urmson, Oxford: Oxford University Press.

Chaer, Abdul. 2015. Filsafat Bahasa Jakarta: Rineka Cipta.

Kaelan M.S. 2017. Filsafat Bahasa Hakikat dan Realita Bahasa. Yogyakarta: Paradigma.

_________ 2002. Filsafat Bahasa Masalah dan Perkembangannya, Yogyakarta: Paradigma.

Nurlaila, (2014). Filsafat Ordinary Language dan Pembelajaran Bahasa. Dalam Jurnal Ta’dib. Vol. 17, No.1.

Santoso, Imam. (2013). Perkembangan Filsafat Analitik Bahasa: dari G.E Moore Hingga J.L., Austin. Dalam Jurnal Alemania Filsafat Bahasa Analitik Vol. 3 No. 2.

Saudah, Siti. (2013). Bahasa Politik dalam Rubrik Pojok ‘berabe’ Di Harian Kedaulatan Rakyat Tinjauan Filsafat Analitik John Langshaw Austin. Dalam Jurnal Dinika vol.15 no.2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.