PENGARUH TEKNIK RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP PENURUNAN NYERI PERSALINAN KALA I

Tuning Sugianti, Joeliatin Joeliatin

Abstract

Nyeri merupakan mekanisme protektif bagi tubuh yang muncul apabila jaringan rusak dan menyebabkan individu bereaksi untuk menghilangkan rasa nyeri. Tanda persalinan yaitu adanya peningkatan aktivitas miometrium secara bermakna sehingga kontraksi menjadi teratur dan menimbulkan rasa nyeri. Relaksasi genggam jari adalah tehnik relaksasi yang sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh siapapun yang berhubungan dengan jari tangan serta aliran energi di dalam tubuh kita. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh relaksasi genggam jari terhadap nyeri persalinan Kala I. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian quassy eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin di BPM wilayah kerja Puskesmas Kertosono Kabupaten Nganjuk tahun 2019. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 30 ibu bersalin yang diambil dengan teknik consecutive sampling. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank test. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p=0,004 (<0,005) yang artinya ada pengaruh yang signifikan penurunan nyeri persalinan sebelum dan sesudah diberikan relaksasi genggam jari. Kesimpulannya adalah bahwa pemberian relaksasi genggam jari lebih efektif terhadap penurunan nyeri saat persalinan. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada para ibu bersalin untuk melakukan relaksasi genggam jari menjelang persalinan.

Keywords

Teknik relaksasi genggam jari; nyeri; persalinan kala I

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF view : 122 times

Full Text:

PDF

References

Dharmady Agus Triyanto. 2004. Manajemen Nyeri Dalam Suatu Tatanan Tim Medis Multidisiplin. Majalah Kedokteran Atmajaya, 1(3) :1-5.

Liana. 2011. Teknik Relaksasi Genggam Jari Untuk Keseimbangan Emosi. http://www.pembelajaran.com/teknik relaksasi genggam jari untuk keseimbangan emosi. Diakses 11 Januari 2017 jam 20.00 WIB

Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Pinandita, I . Purwanti, E. & Utoyo, B. (2012) Jurusan Keperawatan STIKes Muhammadiyah Gombong Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Laparotomi, Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 8 (1)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.