PROFIL PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT KAMPUNG KB JL. MUHARTO GANG 5B RW 08 KELURAHAN KOTALAMA, KECAMATAN KEDUNG KANDANG KOTA MALANG

Nining Loura Sari, Eka Supriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perilaku kesehatan masyarakat di kampung KB di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang . Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling sebanyak 50 responden dengan kriteria inklusi dan eksklusi.Teknik pengumpulan menggunakan adalah angket. Lokasi penelitian ini di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Populasi dari penelitian ini semua warga di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni – Juli 2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jenis kelamin responden sebagian besar (66%) perempuan, umur responden sebagian besar (60%) golongan 20-40 tahun, pendidikan responden hampir setengahnya (46%) SD, pekerjaan responden hampir setengahnya (48%) wiraswasta, perilaku kesehatan masyarakat sebagian besar (56%) cukup, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku kesehatan  masyarakat terhadap program kampung KB di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang adalah cukup,hal ini didukung dengan hasil penelitian di atas dimana pendidikan yang masih rendah mempengaruhi pengetahuan serta cara menerima informasi yang minim, apalagi didukung dengan usia produktif dan  pekerjaan yang sebagian besar wiraswasta yaitu disibukkan dengan berdagang. Waktu untuk berkumpul menerima segala informasi program kampung KB sangat terbatas sehingga kesadaran masyarakat dalam perilaku kesehatan perlu ditingkatkan kembali.

Keywords

Perilaku; Kampung KB

Full Text:

PDF

References

Aminatuz Zuhriyah. (2017). Kampung Keluarga Berencana dalam Peningkatan Efektivitas Program Keluarga Berencana. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), Vol , No 4.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka pelajar: Yogyakarta.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. 2015. Petunjuk Teknis Kampung KB.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2017). Pedoman Pengelolaan Kampung KB. Jakarta : BKKBN.

Lathifatun Nafisah. (2018). Efektifitas Program Kampung KB (Keluarga Berencana) Dalam Membentuk Keluarga Sejahtera Di Kota Yogyakarta. Skripsi Thesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Raikhani, A., Yunas Setia, N., Ratnasari, L., & Hariastuti, I.(2016). Analisa Kontribusi Program Kampung KB Dalam Upaya Pengingkatan Program KKBPK di Kab. Jombang, Provisinsi Jawa Timur. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Vol. 6,No. 1: 13-19.

Priscilla Bawing , Siswanto Agus Wilopo1, Retna Siwi Padmawati. (2017). Analisis Pelaksanaan Kebijakan Program Keluarga Berencana: studi kasus di Malinau. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, Vol 33, No. 12.

Setiawati., E., (2017). Persepsi Masyarakat terhadap Program Kampung Keluarga Berencana di Kelurahan Pantoloan Boya Kecamatan Tawaeli. E- Journal Geo-Tadulako UNTAD, 30, 1-6.

Susanto. (2016). Kampung KB Revolusi Program Keluarga Berencana Berbasis Masyarakat. Tersedia pada :

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/9841/kampung-kb-inovasi-strategis-memberdayakan-masyarakat/0/artikel_gpr [ 06 Juni 2016]

Refbacks

  • There are currently no refbacks.