SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI KARYAWAN BARU PADA PT. MMS DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Ferry Irmawan, Istiadi Istiadi, Fitri Marisa, Syahroni Wahyu Iriananda

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya  permasalahan keterbatasan media yang digunakan dalam proses seleksi karyawan baru pada PT. MMS, Malang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang system pendukung keputusan yang mampu membantu kinerja perusahaan dalam menentukan calon karyawan baru dengan  menggunakan  metode fuzzy tsukamoto. Logika fuzzy adalah suatu teori himpunan logika yang dikembangkan dan digunakan untuk mengatasi  konsep  nilai  diantara  kebenaran dan kesalahan.  Dengan  menggunakan  logika fuzzy  nilai  yang  dihasilkan  bukan hanya 1 atau 0, tetapi semua kemungkinan diantara 0 dan 1. Hasil  penelitian  berupa  sistem  aplikasi  yang  telah  diuji  serta dinyatakan memenuhi tujuan yang diharapkan, dengan tingkat validitas 86,67%.

Keywords

seleksi karyawan; logika fuzzy; fuzzy tsukamoto

Full Text:

PDF

References

Ahmad L. G., Mustafid, Farikhin. (2014). Sistem Informasi Pendukung Keputusan Terhadap Mutu Lulusan dengan Metode Fuzzy Model Tsukamoto.

Amanda P., M. Djudi M., M. Igbal. (2014). Analisis Metode Dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen Dan Seleksi Untuk Mendapatkan Karyawan Yang Bermutu (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Asep H. R., Dini D., Andri I.(2014). Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru di Sma Negeri 3 Garut. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Danang M., Noor A. (2016). Implementasi Fuzzy Inference System Tsukamoto Untuk Penentuan Topik Tugas Akhir.

Erwin H., Rudi H., Sultoni.(2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Untuk Tanaman Padi Menggunakan Metode Fuzzy.

Erwin N., Djamhur H., M. Faisal R.(2104). Analisis Pelaksanaan Program Rekrutmen, Seleksi, Penempatan Kerja, Dan Pelatihan Karyawan.

Fresta S. C., Christanti R., Muftiful S.(2014). Sistem Pakar Seleksi Karyawan Menggunakan Metode Tsukamoto.

Intan pratiwi.(2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumput Terbaik Untuk Pembuatan Taman Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process. Medan.

Irfan A. M., Fitri M., Indra D. W. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan dan Penilaian Karyawan Warehouse Dengan Aplikasi web.

Kusumadewi S., H. Purnomo.(2014).Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Mendukung Keputusan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Maulidinnawati A., W. Firdaus M.(2016). Seleksi Calon Karyawan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto.

Rikki. A., Murni M., Jonson. R. S.(2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode SAW Pada PT. Karya Sahata Medan.

Sari N. R., Mahmudy W. F.(2015). Fuzzy Inference System Tsukamoto Untuk Menentukan Kelayakan Calon Pegawai. Seminar Nasional Sistem.

Suryadi , ramdhani. (2015). Komponen dan karakteristik sistem pendukung keputusan.

Zendrato N. E., Open D., Pasukat S.(2014). Perencanaan Jumlah Produksi Mie Instan Dengan Penegasan (defuzzyfikasi) Centroid Fuzzy Mamdani. 119.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.