ANALISIS DISAIN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE BATAS KAPASITAS JALAN

Nara Desyana, Prima Safitri Ayundaningtyas, Hanif Rahman Maulana, Aji Suraji

Abstract

Jalan Caruban – Ngawi merupakan Jalan Nasional yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada ruas jalan ini secara umum merupakan akses jalan utama yang banyak dilalui kendaraan besar. Sehingga pada ruas jalan ini kapasitas jalan sangat berpengaruh karena banyak dilalui jenis kendaraan besar. Dan kapasitas jalan ini akan berpengaruh terhadap perkerasan jalan yang ada. Karena semakin tahun jumlah penduduk semakin meningkat maka para pengguna jalan akan lebih banyak sehingga pertumbuhan lalu lintas akan meningkat. Akan tetapi untuk membuat disain perkerasan jalan tidak hanya melihat pertumbuhan lalu lintas saja, akan tetapi perlu mempertimbangkan batas kapasitas jalan yang ada. Apabila menggunakan pertumbuhan lalu lintas maka pertumbuhan lalu lintas akan semakin meningkat setiap tahunnya, sedangkan jalan memiliki batas kapasitas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas ruas jalan, dan nilai CESA  sehingga dapat membuat desain perkerasan jalan lentur dengan metode batas kapasitas pada ruas jalan Caruban - Ngawi. Sehingga di dapat disain perkerasan lentur AC WC 5 cm, AC BC 6 cm, AC Base 22 cm, Fondasi Agregat Kelas A 15 cm, dan Fondasi SG 2.5 35 cm.

Keywords

Perkerasan Jalan Lentur; Batas Kapasitas Jalan; CESA; Jalan Nasional Caruban – Ngawi

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF view : 68 times

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia. (MKJI),Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017, Manual Desain Perkerasan Jalan, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum RI.

Fatkhusani, 2018. Perbandingan Efisiensi Harga Perkerasan Lentur dan Kaku dengan Metode Bina Marga. Jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek TS-010, 1-8.

Rahman, A, A., Suraji, A., Cakrawala, M, 2018, Perbandingan Analisis Struktur Perkerasan Jalan Menggunkan Beban Sumbu Standar Dan Beban Sumbu Rill Pada Ruas Jalan Caruban – Ngawi. Jurusan Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang.

Sukesi, 2017, Penilaian Kondisi Permukaan Jalan Dengan menggunakan Metode Visual Pada Ruas Jalan Nasional Caruban-Ngawi. Jurusan Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang.

Sukirman, S., 1994. Dasar – Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova, Bandung.

Suraji, A, Sudjianto, A, T, 2016, Review Design Struktur Perkerasan Jalan Dengan Mempertimbangankan Pengaruh Beban Lebih (Overload), Prosiding Seminar Nasional Forum Dosen Indonesia (FDI) 2016. Universitas Widyagama Malang, hal TS18-TS23.

Suraji, A, Sudjianto, A, T, Riman, Aditya, C, 2016, Pengaruh Beban Lebih (Overload) Kendaraan Berat Terhadap Faktor Ekivalen Beban (VDF) Pada Ruas Jalan Caruban-Ngawi, Prosiding Seminar Nasional II Teknik Sipil, Universitas Narotama, Surabaya, hal104-113.

Suraji, A, Sudjianto, A, T, Riman, 2018, Analisis Perbandingan Nilai Cesa Kendaraan Berat Antara Muatan Kosong Dengan Muatan Standar, Prosiding Seminar Nasional Ciastech. Universitas Widyagama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.