ANALISA VOLUME HIDROGEN DAN TEMPERATUR NYALA API PADA GENERATOR HHO (VARIASI JARAK PLAT, LUASAN PLAT, DAN PENAMBAHAN KATALIS)

Muhammad Nur Hasan, Catur Heri Setiyawan, Helmy Darmawan, Gatot Soebiyakto, Nova Risdiyanto Ismail

Abstract

Seiring kebutuhan energi fosil yang terus meningkat dan sumber energi semakin berkurang, maka di perlukan energi alternatif. Diantara energi alternatif yang mudah di kembangkan adalah hidrogen dari proses elektrolisis. Proses elektrolisis di pengeruhi oleh perpindahan elektron, sedangkan perpindahan elektron di pengaruhi oleh katalis, elektroda dan daya listrik. Elektroda diantaranya di pengaruhi oleh jarak dan luasan plat, sedangkan katalis di pengaruhi oleh jumlah fluida. Dengan demikian penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh jarak dan luasan elektroda, serta penambahan katalis terhadap volume hidrogen dan temperatur nyala api pada generator HHO. Penelitian di lakukan secara eksperimen dengan variasi jarak, luasan dan panambahan katalis. Penelitian menghasilkan dengan waktu 30 detik mendapatkan volume terbaik sebesar 60 ml, temperatur nyala api tertinggi sebesar 155.4 0C dan efisiensi sebesar 58.25%, pada jarak plat 1.5 mm dan luasan plat (12.5 cm x 2.5 cm). Pada jarak dan luasan plat yang sama menggunakan penambahan katalis NaOH sebesar 20 gram menghasilkan waktu tercepat sebesar 11 detik untuk menghasilkan hidrogen sebanyak 60 ml, temperatur nyala api tertinggi sebesar 214 0C dan efisiensi sebesar 59.62%.

Keywords

jarak dan luasan plat; katalis; volume hidrogen; temperatur nyala api; efisiensi

Full Text:

PDF

References

Robbi, N., Marlina, E., dan Basjir, M. (2017). Alat Produksi HHO Tipe Dry Cell Dengan Variasi Jarak Cell Elektroda. Jurnal Teknik, 161-170.

Marlina, A. W. dan E. (2014). Pengaruh Prosentase Fraksi Massa NaOH(Natrium Hidroksida) Sebagai Katalis Dalam Proses Elektrolisis Dengan Menggunakan Elektrolisis Tipe DryCell. Jurnal Teknik Mesin, 7–8.

Khusna, Imami, H. (2017). Pengaruh Panjang Elektroda Pada Proses Elektrolisis Dengan Katalis Nahco₃. Jurnal Teknik, 8-16.

Hananto, Y., Rudiyanto, B., Sopandi, I. (2015) Studi Ketebalan Elektroda Pada Produksi Gas Hho (Hidrogen Hidrogen Oksigen) Oleh Generator Hho Tipe Basah Dengan Katalis Nahco3 (Natrium Bikarbonat).Jurnal Teknik. 10-16.

Margianto. Marlina, E., Taufiq, M. (2016). Pengaruh Variasi Prosentase Katalis Nahco3 Terhadap Produksi Brown’s Gas Pada Proses Elektrolisis Air Dengan Menggunakan Alat Tipe Dry Cell. Jurnal Teknik 24-29.

Mutakkim, H. (2015). Penggunaan Generator Hho Tipe Dry Cell Untuk Memproduksi Brown’s Gas Dengan Katalis Nacl. Jurnal Teknik 8-15

Fahruddin, A.,(2018). Pengaruh Jarak Antar Plat Pada Generator Hho Model Wet Cell Terhadap Debit Dan Efisiensi, Jurnal Saintek, 37–41.

Kholis,Yunus. (2018) Pengaruh Variasi Diameter Lubang Dan Bentuk Permukaan Pada Elektroda Terhadap Produksi Gas Brown Tipe Dry Cell. Jurnal Teknik 12-20.

Wahyono, Y., Sutanto, H., & Hidayanto, E. (2017). Produksi Gas Hydrogen Menggunakan Metode Elektrolisis Dari Elektrolit Air Dan Air Laut Dengan Penambahan Katalis Naoh. Youngster Physics Journal (Vol. 6)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.