PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DI IKM KARPET LIPAT MENGGUNAKAN METODE MIN-MAX

Imaudy Alif Okananti, Emma Budi Sulistiarini, Arie Restu Wardhani

Abstract

Persediaan merupakan hal terpenting dalam suatu usaha yang digunakan untuk proses produksi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui besarnya pengendalian persediaan yang terjadi di IKM karpet lipat dengan menggunakan metode min-max. Dalam penelitian ini menggunakan 2 data yaitu data pemakaian bahan baku dan data pembelian bahan baku yang masing-masing dari periode April 2018-Maret 2019. Metode min-max sendiri adalah metode untuk mengendalikan persediaan minimum, persediaan maksimum dan tingkat pemesanan kembali. Hasil dari penelitian ini yaitu mendapatkan nilai safety stock, nilai persediaan minimum, persediaan maksimum dan tingkat pemesanan kembali. Dalam melakukan persediaan bahan baku IKM karpet lipat memiliki hasil kurang dari 1kg pada safety stock setelah hasil dari perhitungan dengan metode min-max.

Keywords

Persediaan; Metode Min-Max; Bahan Baku

Full Text:

PDF

References

Dharmady Agus Triyanto. 2004. Manajemen Nyeri Dalam Suatu Tatanan Tim Medis Multidisiplin. Majalah Kedokteran Atmajaya, 1(3) :1-5.

Liana. 2011. Teknik Relaksasi Genggam Jari Untuk Keseimbangan Emosi. http://www.pembelajaran.com/teknik relaksasi genggam jari untuk keseimbangan emosi. Diakses 11 Januari 2017 jam 20.00 WIB

Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Pinandita, I . Purwanti, E. & Utoyo, B. (2012) Jurusan Keperawatan STIKes Muhammadiyah Gombong Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Laparotomi, Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 8 (1)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.