ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN SURFACE DISTRESS INDEK (SDI)

Rafiko Yahya, Mohamad Yusri bin Aman, Aji Suraji, Abdul Halim

Abstract

Ruas jalan nasional Caruban – Wilangan adalah bagian dari jalan nasional rute 20 yang menjadi jalan arteri nasional Jawa Timur. Jalan ini memiliki lebar 7 m dengan rata-rata bahu jalan 3 m. Dengan padatnya jumlah kendaraan yang melaluinya setiap hari jalan ini mengalami kerusakan permukaan jalan. Kerusakan permukaan jalan yang timbul akan mempengaruhi kelancaran, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui nilai kondisi permukaan jalan nasional Caruban-Wilangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode Surface Distress Index (SDI). Survei dilakukan dengan cara membagi beberapa segmen 100 m sepanjang 15 km. Berdasarkan hasil penelitian nilai kerusakan permukaan jalan berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI) yaitu Good 12.7 %, satisfactory 10.7 %, fair 33.3 %, poor 20.7 %, very poor 15.3 %, serious 6 % dan failed 1.3 %. Dengan perhitungan menggunakan metode Pavemanet Index Condition (PCI), didapat nilai rata – rata PCI sebesar 56,89 menunjukkan kondisi permukaan jalan dalam kondisi Fair. Pada penilaian kondisi permukaan jalan dengan metode Surface Distress Index (SDI) nilai kerusakan permukaan jalan yang terjadi yaitu Baik 61 %, sedang 16 %, rusak ringan 0 %, dan rusak berat 23 %.

Keywords

Kondisi Permukaan Jalan; Pavement Condition Index (PCI); Surface Distress Index (SDI)

Full Text:

PDF

References

Aman, M.Y. (2013). Moisture Sensitivity Warm Porous Asphalt Incorporating Sasobit®.PhD Thesis, School of Civil Engineering. The University Sains Malaysia [Unpublished].

Mashaan, N.S., Ali, A.H., Karim, M.R., Abdelaziz, M. (2014). A Review on Using Crumb Rubber in Reinforcement of Asphalt Pavement,The Scientific World Journal 2014, 1–21. https://doi.org/10.1155/2014/214612

Pramono, T., W. (2016). Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Studi Kasus : Jalan Imogiri Timur,Bantul, Yogyakarta) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rondi, M. (2016). Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya (Studi Kasus:Ruas Jalan Danliris Blulukan-Tohudan Colomadu Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.