OPTIMASI RUTE PENJEMPUTAN PENUMPANG TRAVEL MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA BERDASARKAN TINGKAT KEMACETAN LALU LINTAS

Biaz Surya Prakasa, Istiadi Istiadi, Gigih Priyandoko

Abstract

Transportasi memiliki peranan penting dalam mendukung aktivitas manusia sehari-hari. Semakin meningkatnya kebutuhan tranportasi manusia saat ini, maka kemacetan merupakan salah satu kendala yang sering terjadi di daerah perkotaan yang padat. Oleh sebab itu diperlukaan sistem rute terbaik yang dapat membantu pengguna lalu lintas untuk menemukan rute terbaik berdasarkan kemacetan di suatu titik lalu lintas. Algoritma Genetika ini dipilih karena tidak memiliki kriteria khusus yang dijumpai pada algoritma heuristik lainnya, maka waktu komputasi juga relatif lebih singkat, serta dapat menghasilkan beberapa alternatif solusi yang mempunyai nilai obyektif. Pada penelitian ini menggunakan 3 kriteria penilaian yang diperoleh berdasarkan tingkat kemacetan lalu lintas terdiri dari lalu lintas normal (60 Km/Jam), lalu lintas macet ringan (25 Km/Jam), dan lalu lintas macet berat (15 Km/Jam). Dengan adanya sistem tersebut diharapkan dapat membantu driver mendapatkan informari berupa rute terbaik dengan tepat dan akurat.

Keywords

Algoritma Genetika; Transportasi; Rute; Google Maps

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF view : 30 times

Full Text:

PDF

References

Anam, S. et al. (2016) ‘Pencarian rute terbaik menggunakan logika fuzzydan algoritma semut’, (Knpmp I), pp. 873–881.

Agus, P., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis Agus Prayitno 1) Yulia Safitri 2). Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMR.756-759.138

Ambarsari, E. W. (2018). Pencarian Jalur Kemacetan Wilayah Kecamatan Tanah Abang Dengan Konsep Clustering Algoritma Fuzzy Ant Pencarian Jalur Kemacetan Wilayah Kecamatan Tanah Abang Dengan Konsep Clustering Algoritma Fuzzy Ant, (February).

Tanujaya, W. et al. (2011) ‘PENERAPAN ALGORITMA GENETIK UNTUK PENYELESAIAN MASALAH VEHICLE ROUTING DI PT . MIF’, WIDYA TEKNIK, 10, pp. 92–102.

Utami, P. Y. and Suhery, C. (2014) ‘ALGORITMA GENETIKA ( Studi Kasus : Pencarian Rute Terpendek untuk Pemadam Kebakaran di Wilayah Kota Pontianak )’, Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura, 02(1), pp. 19–25.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.