BANK SAMPAH UPAYA KREATIVITAS MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN

Wahju Wulandari, Sodik Sodik

Abstract

Sampah secara umum merupakan bagian dari kehidupan manusia yang sangat mengganggu lingkungan, sehingga perlu penanganan yang cermat. Sekelompok masyarakat kecil di lingkungan rumah tangga setiap hari menghasilkan sampah dapur, sampah kertas, sampah plastik, sampah kaca, dan masih banyak sampah lain yang dihasilkan. Masyarakat di tingkat RT. 11 RW. 02 Kelurahan Tunjungsekar Kota Malang masih belum sepenuhnya sadar akan manfaat sampah keluarga. Oleh karena itu melalui pengabdian ini ditujukan untuk menumbuhkan kreativitas dalam memanfaatkan sampah yang sudah dianggap tidak ada manfaatnya untuk dirubah menjadi bernilai dalam bentuk uang melalui kegiatan bank sampah. Metode yang akan dilakukan dengan menertibkan administrasi kelembagaan bank sampah untuk skala kecil di tingkat RT. Hasil yang sudah diperoleh dari penjualan sampah selama 1 tahun melalui bank sampah yang dikelola RT. 11 telah mencapai sebesar Rp. 2.120.000,-.

Keywords

sampah; bank sampah; kreativitas; lingkungan

Full Text:

PDF

References

Aryeti. (2011). Peningkatan Peranserta MasyarakatMelalui Gerakan Menabung pada Bank Sampahdi Kelurahan Babakan Surabaya, KiaracondongBandung. Jurnal Permukiman, Vol. 6 No. 1 April 2011: 40-46.

Djuwendah, E. 1998. Analisis Keragaan Ekonomi dan Kelembagaan Penanganan Sampah Perkotaan [thesis]. Program Pendidikan Pasca Sarjana, IPB. Bogor (ID).

Kementrian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2008). Status Lingkungan Hidup Indonesia 2007 [Internet]. Diakses pada 5 Juli 2017. Tersedia pada: http://menlh.go.id.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2012). Profil Bank Sampah 2012 [Internet]. Diunduh pada 17 Juli 2017. Tersedia pada: http://www.menlh.go.id

Sejati, Kuncoro. (2009). Pengolahan Sampah Terpadu, Yogyakarta: Kanisius

Wardi NI. (2011). Pengelolaan Sampah Berbasiskan Sosial Budaya : Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan di Bali. Jurnal Bumi Lestari. 11 (1). [Internet]. Diunduh pada 13 September 2017. Tersedia pada https://ojs.unud.ac.id/index.php/blje/article/view/97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.