WIRAUSAHA DEKOR BAGI ANAK MUDA KARANGTARUNA

Sodik Sodik, Wahju Wulandari

Abstract

Sejumlah empat orang anak muda karang taruna RW. 02 Kelurahan Tunjungsekar Kota Malang telah melakukan usaha kreatif dengan menerima jasa dekor untuk macam-macam acara, namun karena latar belakang pengelola usaha tersebut bukanlah dari seni dan masing-masing memiliki aktifitas sendiri maka masih kurang memahami seni mendekor dan peralatan yang digunakan masih belum banyak pilihan dekornya. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan modifikasi dekor yang mempunyai nilai jual dan mudah memasangnya. Metode pendampingan menjadikan langkah dari pengabdian masyarakat dengan cara melakukan praktek langsung membuat dekor dari rangka kayu yang mudah dan cepat untuk dipasang. Hasil kegiatan ini mempunyai dampak positif dari kalangan masyarakat untuk mulai banyak yang order jasa dekor tersebut hal ini dapat diketahui dari orderan untuk mendekor di tahun 2019 sampai dengan bulan Agustus ini sudah mencapai 18 orderan dengan nilai Rp. 5.500.000,-

Keywords

Wirausaha; Karangtaruna; Dekor; kreatif

Full Text:

PDF

References

Adhyaksa, Dault, (2005). Islam dan Nasionalisme, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Agustina, C., & Sularto, L. (2011). Intensi kewirausa-haan mahasiswa (Studi perbandingan antara fa-kultas ekonomi dan fakultas ilmu komputer). Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, & Sipil) Universitas Gunadarma, Depok, 18–19 Oktober 2011, 4: E.63–E.69.

Gunawan dan Muhtar. (2010). Kontribusi Organisasi Sosial dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: P3KS Press.

Hisrich, R. (2001). Entrepreneurship kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Iin, Gabsu. (2012). Karang taruna pilar kekuatan masyarakat. (http://beritasore.com/2012).

Kementerian Sosial. (2010). Pedoman Dasar OrganisasiKarang Taruna, Jakarta: Direktorat JenderalPemberdayaan Sosial.

Sumardi, K. (Pebruari 2007). Menakar jiwa wirausaha mahasiswa teknik mesin angkatan 2005. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, IV(10).

Warto. (2009). Pengaruh Bimbingan manajemen Organisasi Karang Taruna terhadap Pendayagunaan Potensi Alam, Manusia, dan Potensi Sosial, Yogyakarta : B2P3KS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.