PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PENGOLAHAN LIMBAH ORGANIK DENGAN UNSUR S SEBAGAI MEDIA TANAMAN JERUK

Sufiyanto Sufiyanto, Rakmat Dwi Jatmiko

Abstract

Dalam penanaman jeruk factor pembibitan memegang peran penting, sehingga penangannya membutuhkan konsentrasi yang spesifik terutama dalam hal pembibitan. Dalam proses pembibitan factor media tanam membutuhkan zat hara dan sumbangan unsur S dimana hal ini berkaitan dengan rasa buah jeruk.Unsur S yang terdapat pada media didapat dari bahan organic yang di olah, seperti bongkol batang pisang, sisa buahan dan sisa sayuran, meskipun telah diketahui bahwa tidak hanya unsur S tetapi ada juga unsur-unsur yang lain seperti N, P, K, Ca, dan Mg.Kelompok masyarakat yang telah  berhasil dalam perbanyakan bibit jeruk namun tidak memperhatikan unsur S agar nanti didapat buah jeruk yang rasanya manis.Tujuan dari kegiatan ini untuk menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat lewat kelompok masyarakat lewat kegiatan program pengabdian kepada masyarakat.Pendekatan yang digunakan adalah partisipasi masyarakat dengan cara masyarakat diberi informasi, kemudian didampingi terhadap pembuatan media dengan perbandingan bahan organic agar didapat unsur S dan yang lain. Hasilnya masyarakat telah mampu dalam melakukan pembuatan media tanam dengan kandungan S dan unsur-unsur lain. Dalam tahap pembudidaya maka tanaman diarahkan untuk tahun ke 2 sedangkan tahun sebelumnya agar tanaman tetap dipertahan agar tetap kondisi tanaman tetap tidak berbuah, namun kegiatan ini belum sampai tanaman jeruk berperoduksi.

Keywords

Bahan organic; unsur S; jeruk

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF view : 32 times

Full Text:

PDF

References

Azzamy, (2015). Peran Unsur Sulfur (S) Pada Tanaman dalam kategori Artikel, Pupuk dan Pemupukan

Hanapiah, KA., (2004). Mikrobiologi Tanah. Diktat Kuliah pada Jur. Tanah FP/Biologi MIPA/FKIP Unsi, Indralaya, Sumsel.

Sufianto, dan Nurul (2019) Kajian Peran Unsur S pada bahan organic terhadap pertumbuhan tanaman jeruk. 7-12. http://dt.dyi.org/8.097/prosiding (seminar)

Sufianto, dan Kholieq A.(2018). Kajian Keterkaitan Unsur S dengan Peran Pupuk N,P,K 5-11. http://de.dei.org/21.0087/prosiding (seminar)

Nerpin S, V. (1979). Physics of the Soil. Jerusalem. Israel Program for Scientific Translations

Foth, D, H,.(1984). Fundamental of Soil Sciense. John Wiley & Sons, Inc. Singapore

Refbacks

  • There are currently no refbacks.