PEMBUATAN FANSPAGE UNTUK PEMASARAN PUPUK BERBAHAN CACING DI KECAMATAN SUKUN KOTA MALANG

Aviv Yuniar Rahman, Feddy Wanditya Setiawan, April Lia Hananto

Abstract

Dalam teknologi saat ini banyak menggunakan media online dalam sebuah pemasaran. Internet salah satunya adalah teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat. Internet ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengetahui sebuah berita, hiburan, maupun yang lainnya. Dalam sebuah internet ini Facebook yang saat ini sedang banyak digunakan. Dalam hal ini Facebook akan membuat mudah dalam pemasaran sebuah pupuk berbahan cacing. Karena saat ini banyak kalangan peternak sulit mengelola dan memasarkan produk mereka. Dengan hal ini fanspage Facebook bisa menjadi salah satu alternatif dalam metode pemasaran mereka. Di dalam fanspage ini bertujuan untuk menarik sebuah pengunjung. Dengan metode tersebut terdapat 3 evaluasi pelaksanaan yang digunakan. Ketiga evaluasi menjelaskan dalam beberapa hal seperti, suka, komentar, berbagi, dalam sebuah tautan yang di posting. Evaluasi pertama menjelaskan tingkat pengunjung dengan 22 pengunjung. Dalam evaluasi kedua tingkat pengunjung meningkat 194 orang dan evaluasi yang ketiga 216 orang. Dalam ketiga evaluasi tersebut bisa dijelaskan bahwa dengan tautan yang telah di posting dalam 1 hari bisa meningkatkan pengunjung setiap 20 menit. Setiap peningkatan tersebut dapat diketahui semakin banyak jumlah pengikut maupun pengguna halaman, semakin banyak juga pengunjung untuk melihat fanspage. Dengan menggunakan fanspage Facebook ini diharapkan untuk sering mencari pengikut sebanyak mungkin. Karena tingkat kemajuan maupun tingkat pengunjung fanspage ditentukan dengan banyaknya pengikut. Hal ini juga sangat berpengaruh dalam sebuah pemasaran online.

Keywords

Facebook; fanspage; pemasaran; pupuk berbahan cacing; online marketing

Full Text:

PDF

References

Ardi, Z., Viola, K. and Sukmawati, I. (2018) ‘An Analysis of Internet Abuses Impact on Children’s Moral Development’, 4(1), p. 44.

Asmarani1, Y. A. and K, R. S. (2016) ‘Media Sosial Facebook sebagai Sarana Memelihara Pertemanan’, pp. 63–74.

Fahmi, B. and Wibowo, A. (2019) ‘Analisa Kepribadian Pengguna Facebook Menggunakan Algoritma Support Vector Machine’, 5, pp. 28–35.

Hananto, A. L. and Rahman, A. Y. (2018) ‘User Experience Measurement On Go-Jek Mobile App In Malang City’, 2018 Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC). IEEE, pp. 1–6. doi: 10.1109/IAC.2018.8780423.

Hasugian, P. S. (2018) ‘Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi’, 3(1).

Kader, M. A. and Setianingsih, W. (2018) ‘Penerapan Digital Marketing Melalui Fans Page Untuk Mentarget Pasar Sasaran Pada Usaha Mikro Di Desa Cicapar’, 5, pp. 265–272.

Kustijono, R., Sunarti, T. and Budiningarti, H. (2018) ‘Penggunaan Facebook Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Smp Dan Sma Di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya’, 3, p. 68.

Rahman, A. Y., Sumpeno, S. and Purnomo, M. H. (2017a) ‘Arca Detection and Matching Using Scale Invariant Feature Transform (SIFT) Method of Stereo Camera’, Proceedings - 2017 International Conference on Soft Computing, Intelligent System and Information Technology: Building Intelligence Through IOT and Big Data, ICSIIT 2017, pp. 66–71. doi: 10.1109/ICSIIT.2017.45.

Rahman, A. Y., Sumpeno, S. and Purnomo, M. H. (2017b) ‘Video Minor Stroke Extraction Using Learning Vector Quantization’, pp. 1–7. doi: 10.1109/ICoICT.2017.8074687.

Rakhmawati, R. et al. (2019) ‘Thermal Optimization on Incubator using Fuzzy Inference System based IoT’, 2019 International Conference of Artificial Intelligence and Information Technology (ICAIIT), pp. 464–468. doi: 10.1109/ICAIIT.2019.8834530.

Rilma, A. F., R, S. and Gani, E. (2019) ‘Strategi Pemberitaan Di Media Online Nasional Tentang Kasus Tercecernya KTP Elektronik (Analisis Teori Van Leeuwen)’, Lingua, 15(1), pp. 85–93.

Riswanto, A. and Andriani, R. (2018) ‘Maksimalisasi Potensi Geowisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan’, (September), pp. 147–155.

Sarifudin, H. (2018) ‘Manajemen Facebook Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan’, (1), pp. 98–115.

Setiawidayat, S. and Rahman, A. Y. (2018) ‘New method for obtaining Peak Value R and the duration of each cycle of Electrocardiogram’, 3rd International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology, SIET 2018 - Proceedings, pp. 77–81. doi: 10.1109/SIET.2018.8693151.

Surniandari, A. et al. (2019) ‘Media Online Untuk Mendukung Pengembangan Sociopreneur Di Era Disruptif’, (1), pp. 1–8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.