WAKTU KERJA PENGEMASAN KERIPIK SINGKONG (SAMILER) DALAM PENGABDIAN DI UNIT KEGIATAN MASYARAKAT TULUNGAGUNG

Dadang Hermawan, Andy Hardianto, Arief Rizki Fadhillah

Abstract

Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) dalam produksi Kerupuk singkong di Tulungagung tersebar ke seluruh Kabupaten Tulungagung. Salah satu desa yang memproduksi kerupuk singkong (samiler) ini adalah Desa Pecuk Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Unit Kegiatan Masyarkat Kerupuk Singkong dalam proses pengabdian ini adalah di Pimpin oleh Bapak Kusni Abbas yang beralamatkan di Dusun Pecuk RT. 03, RW.02, Desa Pecuk, Kabupaten Tulungagung. Dalam rangka meningkatkan permintaan konsumen pada kerupuk singkong (samiler), maka perlu adanya perbaikan pada beberapa aspek, antara lain :  proses  packaging  dan  kemasan yang sesuai standar. Permasalahan bidang produksi yaitu proses packaging dan penimbangan produk. Penyelesaian masalah melalui mesin vaccum sealer dan timbangan digital, beserta peningkatan kemampuan tenaga kerja dalam pengoperasian peralatan   tersebut. Dari hasil pengabdian yang dilakukan dengan menggunakan Mesin vaccum sealer, dan timbangan digital telah  sesuai dengan kebutuhan mitra didapatkan efisiensi waktu kerja  meningkat sebesar 50 %.

Keywords

Pengemasan; Mesin Vacuum; Efisiensi Waktu Kerja

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF view : 49 times

Full Text:

PDF

References

Novita, S. 2013. Analisis Pengukuran Waktu Kerja dengan Metode Pengukuran Kerja Secara Langsung pada Bagian Pengemasan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Skripsi. Universitas Bawijaya. Malang

Rizani, N.C., Safitri, D.M,. dan Wulandari, P.A. 2009. Perbandingan Pengukuran Waktu Baku dengan Metode Stopwatch Time Series dan Metode Ready Work Factor pada Departemen Hand Insert PT.Sharp Indonesia. Jurnal Teknik Industri. 127-136.

Sofjan Assauri, 2011.“Manajemen Produksi Dan Operasi”, Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta.

Sutalaksana. 2006. Iftikar Z, dkk, “Teknik Perancangan Sistem Kerja”, ITB.

Taufiqur Rachman, 2013. “Penggunaan Metode Work Sampling Untuk Menghitung Waktu Baku Dan Kapasitas Produksi Karungan Soap Chip Di PT. SA”, Jurnal Inovisi™ Vol. 9, No.1,Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.