PENGARUH HUMAN CAPITAL DAN PEOPLE EQUITY TERHADAP KINERJA UKM KERAJINAN DI MALANG RAYA MELALUI STRATEGI INOVASI

Wahju Wulandari, Sodik Sodik, Dharmayanti Pri Handini

Abstract

UKM kerajinan di Malang Raya termasuk dalam industri kreatif yang saat ini mengalami kemerosotan dalam penjualan produknya. Pandemi covid-19 membuat UKM banyak yang mengalami penurunan omzet. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari kinerja UKM kerajinan. Metode penelitian ekploratif dengan obyek pada UKM kerajinan di Malang Raya melalui teknik purposive sampling. Sampel diambil dari sebagian populasi UKM kerajinan dengan menggunakan pendapat Rosque yaitu sebanyak 100 UKM kerajinan. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Smart Pls versi 3.0. Hasil hipotesis human capital, people equity, strategi inovasi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja UKM kerajinan terutama pada faktor laba. Sejalan dengan penelitian [4]. Tetapi berbeda dengan hasil penelitian ini bahwa secara tidak langsung atau melalui mediasi strategi inovasi tidak mempunyai pengaruh signifikan. Human capital dan people equity dalam manajemen merupakan karakteristik berbeda dari suatu model strategi inovasi.

Keywords

Human capital, people equity, strategi inovasi, kinerja UKM, industri kreatif

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

P. Larsen and A. Lewis, “How Award Winning SMEs The Barrires to Innovation,” J. Creat. Innov. Manag., pp. 141–151, 2007.

I. Ulum, “Peran Pengungkapan Modal Intelektual dan Profitabilitas dalam Hubungan antara Kinerja Modal Intelektual dan Kapitalisasi Pasar,” Simp. Nas. Akunt. 18 Univ. Sumatera Utara, Medan, vol. 19, no. revisi 2010, 2015.

W. Raldianingrat and Wuryanti, “Upaya Peningkatan Kineja Industri Kreatif Kerajinan Melalui People Equity Dan Strategi Inovasi Di Kabupaten Konawe,” Ekobis, vol. 15, no. 2, pp. 102–112, 2014.

M. Maran, A. Lawrence, and I. Maimunah, “HUMAN CAPITAL DEVELOPMENT AND ITS IMPACT ON FIRM PERFORMANCE: EVIDENCE FROM DEVELOPMENTAL ECONOMICS Maran,” J. Int. Soc. Res., vol. 2, 2009.

W. Widodo, “MODEL PENGEMBANGAN HUMAN CAPITAL DALAM KONTEKS MODAL SOSIAL,” Benefit J. Manaj. dan Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 69–103, 2009.

C. Hidayat, “ANALISIS MODEL PENGUKURAN HUMAN CAPITAL DALAM ORGANISASI,” no. 9, pp. 879–885.

W. Wulandari, S. Sodik, and D. P. Handini, “Orientasi Belajar Dan Komitmen Terhadap Kinerja Ukm Melalui Human Capital Sebagai Variabel Intervening Pada Ukm Kerajinan Di Malang Raya,” Equilib. J. Ilm. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 9, no. 2, pp. 45–53, 2020.

N. Andriani and D. Zain, “Pengaruh Modal Sosial, Kualitas Informasi, dan Kompetensi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Kecil Menengah Garmen di Jawa Timur),” J. Apl. Manaj., p. 2010, 2010.

I. V Kozlenkova, S. A. Samaha, and R. W. Palmatier, “Resource-based theory in marketing,” 2013.

E. . Surin, O. . Edward, H. . Hussin, and I. . Wahab, “Recognising the Importance of Strategic Business Network on Business Performance of SME Manufacturing Firm in Malaysia: Analysing The Moderating Influence of Human Capital and Business Environment,” Int. J. Arts Sci., pp. 31–44, 2017.

dan I. E. Muafi, H. Gusaptono, N. Charibaldi, “The Information Technology (IT) Adoption Process and E-Readiness to Use within Yogyakarta Indonesia Small Medium Enterprises (SME),” Int. J. Inf. Commun. Technol. Res., vol. 2, no. 1, pp. 29–3, 2012.

Zulkieflimansyah and M. H, “Refleksi dinamika Inovasi Teknologi UKM di Indonesia: Studi Kasus Industri Logam dan Permesinan,” Manajemen, Usahawan, Indones., no. 07, pp. 11–18, 2003.

W. A. Schiemann, “people Equity: A New Paradigm for Measuring and Managing Human Capital.,” Metrus Group, Inc, 2011.

Muafi, “The effects of alignment competitive strategy, culture, and role behaviour on organizational perfor- mance in service firms,” Int. J. Organ. Innov., vol. 2, no. 1, pp. 106–134, 2009.

B. E. Becker, M. A. Huselid, and D. Ulrich, The HR Scorecard. Linking People, Strategy and Performance. USA: Harvard Business Scholl Press, 2001.

J. C. Hayton, “Strategic human capital management in SMEs: An empirical study of entrepreneurial performance,” Hum. Resour. Manage., vol. 42, no. 4, pp. 375–391, 2003.

M. Indriastuti and A. A. Dista, “Peningkatan Kinerja Ukm Dengan Pengelolaan Intellectual Capital Dan Inovasi,” CBAM, vol. 1, no. 1, 2012.

Š. Hittmár, M. Varmus, and V. Lendel, “Proposal of model for effective implementation of innovation strategy to business,” Procedia - Soc. Behav. Sci., no. 109, pp. 1194–1198, 2014.

N. Kazinguvu, “Strategic Innovation in Management of small and Medium-Sized Manufacturing Companies in Rwanda,” Progr. Econ. Manag., vol. 3, pp. 1–13, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

F. & Bemanke, “Human capital is ‘an amalgam of factors such as education, experience, training, intelligence, energy, work habits, trustworthiness, and initiative that affect the value of a worker’s marginal product,’” 2007.

Rodriguez & Loomis, “Human capital is ‘the knowledge, skills, competencies and attributes in individuals that facilitate the creation of personal, social and economic well- being’ with the social perspective,” 2007.

H. R. Nurainun, “Analisis Industri Batik di Indonesia,” Fokus Ekon., pp. 124–135, 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.