REPUTASI: BAGAIMANA PENGUKURANNYA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KOTA MALANG

Hanif Rani Iswari, Choirul Anam

Abstract

Mengidentifikasi dan menentukan skala pengukuran indikator reputasi pada Koperasi Simpan Pinjam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Focus Group Discussion. Informan penelitian ini terdiri dari anggota Koperasi Simpan Pinjam  di Kecamatan Blimbing, Kecamatan Klojen, Kecamatan Kedungkandang, Kecamatan Lowokwaru, dan Kecamatan Sukun di Kota Malang. Analisis data dengan cara menuliskan suatu sipnosis singkat mengenai apa yang telah disampaikan peserta dalam diskusi FGD dan memberikaninterpretasi terhadap tanggapan yang diberikan. Temuan penelitian menunjukkan indikator faktor-faktor yang membentuk reputasi yang sesuai dengan Koperasi Simpan Pinjam Dari masing-masing faktor pembentuk tersebut diperoleh beberapa item penjelas indikator yang sesuai untuk mengukur reputasi Koperasi Simpan Pinjam.


Keywords

Reputasi, Koperasi Simpan Pinjam.

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

D. Nicolò. (2015). Towards a Theory on Corporate Reputation and Survival of Young Firms. Procedia Econ. Financ. http://doi: 10.1016/s2212-5671(15)00289-0.

C. Maden, E. Arıkan, E. E. Telci, and D. Kantur. (2012). Linking Corporate Social Responsibility to Corporate Reputation: A Study on Understanding Behavioral Consequences. Procedia - Soc. Behav. Sci. http://doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.1043.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. 1992.

M. D. Rahardjo. (2011). Koperasi Sukses Indonesia. J. Maksipreneur Manajemen, Koperasi, dan Entrep. http://doi: 10.30588/jmp.v1i1.61.

Andansari, Raharjo, and Andini. (2016). Pengaruh Return On Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER), Total Asset Turn OVER (TATO) dan Price To Book Value (PBV) Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2008-2014). J. Account., vol. 2, no. 2, https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/469.

M. Walker, B. Heere, M. M. Parent, and D. Drane. (2010). Social responsibility and the olympic games: The mediating role of consumer attributions. J. Bus. Ethics. http://doi: 10.1007/s10551-010-0445-x.

M. Mohamad, I. W. Othman, and A. Mohamed. (2013). Accountability Issues and Challenges: The Scenario for Malaysian Cooperative Movement. Int. J. Econ. Manag. Eng.

Beritasatu. (2015). 365 Koperasi di Malang ‘Mati Suri. [Online]. Tersedia pada https://www.beritasatu.com/beritasatu/nasional/267814/365-koperasi-di-malang-mati-suri (accessed Nov. 01, 2019).

Media Center Kendedes Kota Malang. (2016). Daftar Koperasi Tidak Aktif di Kota Malang. [Online]. Tersedia pada https://mediacenter.malangkota.go.id/2016/11/ daftar-koperasi-tidak-aktif-di-kota-malang/ (accessed Nov. 01, 2019).

R. Chun. (2005). Corporate reputation: Meaning and measurement. Int. J. Manag. Rev. http://doi: 10.1111/j.1468-2370.2005.00109.x.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.