ANALISIS HUBUNGAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN LQ 45 TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Retno Sari, Muchlis H. Mas’ud, Alfiana Alfiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan intellectual capital dan Nilai Perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2019. Sampel yang di teliti berjumlah 16 perusahaan dengan pertimbangan konsisten berada dalam kelompok LQ45 dan memiliki laporan keuangan yang lengkap selama periode 2016-2019. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intellcetual capital meliputi human capital,structurecapital dan capital employed memiliki hubungan signifikan terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. (2) Human capital tidak memiliki hubungan dengan kinerja keuangan, sedangkan struktur capital dan capital employed memiliki hubungan signifikan terhadap kinerja keuangan.  (3) Kinerja keuangan dapat memediasi hubungan antara  human capital dan structure capital dengan nilai perusahaan. (4) Kinerja keuangan tidak dapat memediasi hubungan antara  capital employed dan nilai perusahaan.

Keywords

intellectual capital, human capital, structure capital, capital employed, kinerja keuangan, nilai perusahaan

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

Amrin, A., 2016. Data Mining Dengan Regresi Linier Berganda Untuk Peramalan Tingkat Inflasi. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 13(1), pp.74-79.

Andriana, D., 2014. Pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(1), pp.251-260.

Astari, L., 2015. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediator Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), pp.413-426.

Arifiyani, D.A., 2018. Pengaruh intellectual capitalterhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening: studi empiris pada bank umum syariah periode 2010-2017 (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah).

Citraningrum, D.P., 2010. Pengaruh IC terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Periode 2005-2007. Jurnal Dinamika Akuntansi, 2(1).

Dewi, C.P. and MEIRANTO, W., 2011. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2007-2009 (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Dj, A.M., 2011. Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan (kebijakan dividen sebagai variabel moderating) pada perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia (Doctoral dissertation, Tesis, Universitas Udayana, Denpasar).

FAJARIA, A.Z., 2015. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Hadiwijaya, R.C. and Rohman, A., 2013. Pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Herawati, T., 2013. Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen, 2(2), pp.1-18.

Jayanti, L.D. and Binastuti, S., 2018. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(3).

Lestari, N. and Sapitri, R.C., 2016. Pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS| e-ISSN: 2548-9836, 4(1), pp.28-33.

Mardani, R.M., 2013. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 2(2).

NUGRAHAINI, M., 2017. PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Prasetyanto, P. and Chariri, A., 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kinerja Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan Di BEI Periode Tahun 2009-2011) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Putra, I.G.C., 2012. Pengaruh Modal Intelektual Pada Nilai Perusahaan Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 2(1).

Randa, F.D.A.S. and Solon, S.A., 2012. Pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan. Jurnal Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi, 10(1), pp.24-27.

Simarmata, R., 2015. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Sudibya, D.C.N.A. and Restuti, M.M.D., 2014. Pengaruh modal Intelektual terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(1), pp.14-29.

Sunarsih, N.M. and Mendra, N.P.Y., 2012. Pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XV, 1(2).

Ulum, I., 2007. Pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan di Indonesia (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Widarjo, W., 2011. Pengaruh modal intelektual dan pengungkapan modal intelektual pada nilai perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh, pp.21-22.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.