KREATIFITAS DAN INOVASI PRODUK INDUSTRI KREATIF

Widiya Dewi Anjaningrum, Agus Purnomo Sidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas produk terhadap inovasi produk dan bagaimana fungsi mediasi keunggulan bersaing atas pengaruh kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja industri. Penelitian ini merupakan field-research studi kasus terhadap 119 creative-preneurs yang ada di kota Malang yang dipilih secara accidental-purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas produk berpengaruh positif terhadap inovasi produk, keunggulan bersaing tidak memediasi pengaruh kreativitas terhadap kinerja industri tetapi memediasi pengaruh inovasi produk terhadap kinerja industri. Sehingga, untuk meingkatkan kinerja industri kreatif, produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh industri kreatif harus memiliki keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing ini dapat berupa harga yang kompetitif, produk yang memiliki manfaat tinggi, memiliki differensiasi dan tidak mudah tergantikan. Untuk mencapai keunggulan bersaing tersebut, industri kreatif seharusnya melakukan inovasi produk dengan cara menemukan produk baru yang unik dan memiliki daya tarik tinggi, atau minimal mengembangkan produk yang sudah ada atau melakukan duplikasi dan sintesis produk.

Keywords

Kinerja Industri Kreatif; Keunggulan Bersaing[ Kreativitas; Inovasi

Article Metrics

Abstract view : 552 times
PDF view : 1313 times

Full Text:

PDF

References

Anjaningrum, W. D., & Sapoetra, Y. A. (2018). Business Coaching , Mentoring, dan Komunitas Kreatif Terhadap Kinerja Industri Kreatif ( Studi pada Industri Kreatif yang Tergabung dalam Malang Creative Fusion ). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi STIE Asia, 12(1), 83–92.

Atalay, M., Anafarta, N., & Sarvan, F. (2013). The Relationship between Innovation and Firm Performance: An Empirical Evidence from Turkish Automotive Supplier Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 75, 226–235.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.026

Boso, N., Donbesuur, F., Bendega, T., Annan, J., & Adeola, O. (2017). Does organizational creativity always drive market performance? Psychology and Marketing, 34(11), 1004–1015. https://doi.org/10.1002/mar.21039

Brem, A., Maier, M., & Wimschneider, C. (2016). Competitive Advantage Through Innovation: the Case of Nespresso. European Journal of Innovation Management, 19(1), 133–148. https://doi.org/10.1108/EJIM-05-2014-0055

Dibrell, C. dan Davit P.S., 2008, Fueling Innovation Trough Information Technology In SMEs, Journal of Small Business Management, Volume 45, Nomor 2, pp. 203 –

Dismawan, R. (2013). Pengaruh Kreativitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kue Soes, (25). Retrieved from http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=223229

Gatra. (2016). Malang Siap Jadi Kota Kreatif Terkemuka, p. 161701. Retrieved from http://arsip.gatra.com/2016-03-

E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 8–16.

https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16

Hana, U. (2013). Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge. Journal of Competitiveness, 5(1), 82–96.

https://doi.org/10.7441/joc.2013.01.06

Kanagal, N. B. (2015). Innovation and Product Innovation in Marketing Strategy. Journal of Management and Marketing Research, 18, 1–25. Retrieved from

http://www.aabri.com/manuscripts/152209.pdf

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran (Tiga Belas ed.). Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M., 2006, Strategi, Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Erlangga, Jakarta.

Kuratko , D., & Hodgetts, R. M. (2004). Entrepreneurship : Theory, Process, and Practice (6 Th ed.). USA: South-Western Cengage Learning.

Purwaningsih, R., & Kusuma, P. D. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang). In Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) (pp. 7–12).

Rodríguez-pose, A., & Lee, N. (2013). Creativity, Cities and Innovation: Evidence from UK SMEs (10 No. 13). Retrieved from

https://pdfs.semanticscholar.org/9b1a/01cf50f876422aafcf75b9f583fc8386b2f6.pdf

Sue-Chan, C., & Hempel, P. S. (2016). The Creativity Performance Relationship: How Rewarding Creativity Moderates The Expression of Creativity. Human Resource

Management Journal, 55(4), 637–653. https://doi.org/10.1002/hrm.21682

Suparman, & Ruswanti, E. (2017). Market Orientation , Product Innovation on Marketing Performance Rattan Industry in Cirebon Indonesia. IOSR Journal of

Economics and Finance (IOSR-JEF), 8(1), 19–25. https://doi.org/10.9790/5933-0801031925

Supranoto, M. (2009). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar , Inovasi, Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran.

Suryatini, D., Primiana, I., Kaltum, U., & Aziz, Y. (2017). The Effect of Relationship and Competitive Strategy on Business Performance of Rattan Industry in Java.

Academy of Strategic Management Journal, 16(3), 1–10.

Sutapa, Mulyana, & Wasitowati. (2017). The Role of Market Orientation, Creativity and Innovation in Creating Competitive Advantages and Creative Industry Performance. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 152–166.

https://doi.org/10.15294/jdm.v8i2.12756

Terziovski, M. (2010). Innovation Practice and Its Performance Implications in Small to Medium Enterprises (SMEs) In the Manufacturing Sector: A Resource-Based View. Strategic Management Journal, 31(8), 892–902.

https://doi.org/10.1002/smj.841

Ting, H., Wang, H., & Wang, D. (2012). The Moderating Role of Environmental Dynamism on the Influence of Innovation Strategy and Firm Performance. International Journal of Innovation, Management and Technology, 3(5), 13–16.

https://doi.org/10.7763/IJIMT.2012.V3.288

Weinzimmer, L. G., Michel, E. J., & Franczak, J. L. (2011). Creativity and Firm-Level Performance: The Mediating Effects of Action Orientation. Journal of

Managerial Issues, 23(1), 62–82. https://doi.org/10.2307/25822538

Zhou, K. Z., Brown, J. R., & Dev, C. S. (2009). Market Orientation, Competitive Advantage, and Performance: A Demand-Based Perspective. Journal Of Business

Research, 62(11), 1063–1070.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.