PROFESIONALISME, INDEPENDENSI DAN ETIKA PROFESI TERHADAP KINERJA AUDITORWILAYAH KOTA MALANG

Nova Dwi Hernanik, Ayu Kemala Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profesionalisme, independensi dan Etika profesi terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh auditor kantor akuntan publik di Wilayah Malang yang tergabung dalam Institut Akuntan Publik Indonesia yang berjumlah 8 Kantor Akuntan Publik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Target responden penelitian ini adalah 44 responden namun data responden yang dapat diolah adalah 37 jawaban responden. Analisis tersebut dapat dihitung dengan menggunakan alat bantu komputer yaitu program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan profesionalisme berpengaruh positif terhadap kinerja auditor, independensi berpengaruh positif terhadap kinerja auditor, etika profesi tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor, sehingga profesionalisme, independensi, dan etika profesi berpengaruh secara signifikan
terhadap kinerja auditor di wilayah kota Malang.

Keywords

profesionalisme; independensi; etika profesi; kinerja auditor

Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF view : 1117 times

Full Text:

PDF

References

Abadi Jusuf, Amir. 2003. Auditing perdekatan terpadu. Salembe Empat. Jakarta.

Agoes, Sukrisno. 2004. Auditing (pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan publik. Edisi Ketiga. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

Agoes, sukrisno. 2009. Auditing (Pemeriksaan Akuntan), oleh Kantor Akuntan Publik. Jilid II. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia

Agung, kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Boynton, Johnson & Kell. 2002. Modern Auditing. Sixth Edition. New york: John Wiley & Sons, Inc

Dinata Putri, Kompiang Martina. 2003. Pengaruh independensi, profesionalisme, dan Etika profesi terhadap Kinerja Auditor. E-Journal.Akuntansi.Denpasar : Fakultas Ekonomi. Universitas. Undayana

Gunawan, sudarmanto. 2005. Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Yogyakarta Graha Ilmu.

Halim, Abdul. 2008. Auditing 1 (Dasar-Dasar Auditor Laporan Keuangan). Edisi Empat. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Herawaty, Arleen. 2009. Pengaruh profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan dan etika profesi terhadap pertimbangan tingkat Materialitas Akuntan Publik.Jurnal.Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Trisakti School of Management

I Gst Ayu Purnawati dan Nyoman Trisna Herawati. 2015. Pengaruh Etika Profesi, profesionalisme, motivasi, Budaya Kerja, dan Tingkat Pendidikan Auditor terhadap Kinerja Auditor. E-Journal. Singaraja: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Penddidikan Ganesha

Ikhsan, Arfan. 2008. Metodogi Penelitian Akuntansi Keprilakuan. Edisi 1. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Jamilah, Dkk. 2007.Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, dan kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment. Proceeding SNA X Universitas Hasanuddin Makasar.AUEP 06.

Mangku Negara, Arwar Prabu. 2005. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosda karya: Bandung.

Mulyadi. 2009. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba

Murtanto dan Martini. 2003. Persepsi Akuntan Pria dan Wanita serta Mahasiswa dan Mahasiswi Akuntansi terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi Akuntan.

Prosiding simposium Nasional Akuntansi VI, Oktober hlm. 790-805.

Putri K.M Dinata dan I.D.G Darma Saputra. 2013. Pengaruh independensi, profesinalisme, dan etika profesi terhadap kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi. Bali. Universitas Undayana.

Rahayu, Siti Kurniawan dan Ely Suhayati. 2009. Auditing Konsep Dasar dan pedoman pemeriksaan Akuntan Publik. Bandung: Grana Ilmu.

Sedar Mayanti. 2004. Good Governance (Kepemerintahan yang baik) bagian Kedua: Membangun Manajemen Sistem Kinerja Guna Meningkatkan produktivitas menuju Good Governance (Kepemerintahan yang baik) Bandung: Mandar Maju.

Siagian, sondang P. 2009. Adminstrasi Pembangunan . Jakarta : Bumi Aksara

Trisnaningsih, S. 2007. Independensi Auditor, dan Komintmen Organisasi sebagai mediasi pengaruh pemahaman good governance, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja Auditor. Simposium Nasional Akuntansi X, Makasar.

Widayat.2004. Metode Penelitian Pemasaran Aplikasi Softwere SPSS.Universitas Muhammadiyah Malang.

Wirawan, Nata. 2002. Cara Mudah Memahami Statistik 2 (statistik inferensial) untuk Ekonomi dan Bisni . Edisi Kedua. Denpasar: Keramat Emas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.