PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP PRODUKTIVITAS MELALUI KINERJA USAHA MIKRO KOTA PASURUAN

Nurul Akramiah, Vita Fibriyani

Abstract

Kota Pasuruan merupakan salah satu kota yang memberikan kontribusi cukup terhadap perekonomian Provinsi Jawa Timur, yaitu dalam bidang usaha mikro. Jumlah usaha yang semakin bertambah namun tidak didukung dengan peningkatan daya beli masyarakat menjadi salah satu penyebab ketidakstabilan pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap produktivitas melalui kinerja usaha mikro di Kota Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana objek penelitian adalah usaha mikro yang bergerak di bidang makanan sejumlah 50 unit. Untuk analisis data digunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis, diketahui orientasi pasar mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 0.736 dan terhadap produktivitas dengan kontribusi sebesar 0.391, sedangkan orientasi wirausaha tidak berpengaruh signifikan baik terhadap kinerja maupun produktivitas usaha mikro di Kota Pasuruan. Secara tidak langsung orientasi pasar juga berpengaruh signifikan dan postif terhadap produktivitas melalui kinerja usaha mikro di Kota Pasuruan.

Keywords

orientasi wirausaha; orientasi pasar; produktivitas, kinerja; usaha mikro

Article Metrics

Abstract view : 350 times
PDF view : 191 times

Full Text:

PDF

References

Affendy, A. H., Asmat Nizam., Abdul Talib., Farid M.S.2015. Entrepreneurial Orientation Effects on Market Orientation and SMEs Business Performance A SEM Approach. Review of Integrative Business & Economics Research, 4(3):259-271.

Anggraini, Nia., Marnis. Samsir. 2014. Strategi Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Kinerja Usaha serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada jasa salon kecantikan dan SPA di Kota Pekanbaru). Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 4(12):295-310.

Aji, W. Purnomo. 2014. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Daya Saing terhadap Kinerja Pemasaran Industri Knalpot. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang : Universitas Diponegoro.

Feifei, Y. 2012. “Strategic Flexibility, Entrepreneurial Orientation and Firm Performance: Evidence from Small and Medium Sized Business (SMB) in China”. African journal of Business Management, 6 (4), 1711-1720.

Ghozali, Imam, 2011, Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS 17, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gray, B.J., Matear S., Matheson P.K. 2002. Improving Firm Performance. Journal of Service Marketing, 16(3): 186-200.

Jaworski, B.J., & Kohli, A.K., 1993, Market orientation: antecedents and consequences. Journal of Marketing, 57 (3), July, 53-70.

Kumalaningrum, Maria Pampa. 2011. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Profitabilitas UKM dengan Orientasi Pasar sebagai Variabel Pemediasi, Jurnal Ekonomi, 6(2):99-112.

Kumalaningrum, M.P. 2012. ”Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Innovation Success, dan Profitabilitas Usaha Kecil dan Menengah”. Jurnal

Akuntansi dan Manajemen (JAM), 23 (1): 13-25.

Li, Yuan., Yongbin Zhao., Justin Tan., Yi Liu. 2008. Moderating Effects of Entrepreneurial Orientation on Market Orientation Performance Linkage: Evidence from Chenese Small Firms. Journal of Small Business, 46(1):113- 133.

Ma, Yoon Joo., Min Jae Kim., Jun Seok Heo., Lee Joo Jang. 2012. The Effect Entrepreneurship and Market Orientation on Social Performance of Social Enterprise. International Conference on Economic Marketing and Management, 28(1):60-65

Susanto, Perengki. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar pada Kinerja Perusahaan Kecil. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 1(1): 45 – 60

Wang, C. L., Chen K. Y., & Chen S. C. 2012. Total Quality Management, Market Orientation and Hotel Performance: The Moderating Effect of External Environmental Factors. International Journal of Hospitality Management. 3(13). 119-129.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.