PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

Elysabeth Permatasari, . Sopanah, Khojanah Hasan

Abstract

Pembangunan yang bersifat partisipatif, dan transparansi sebagai bentuk program pemerintah yang menjadikan desa mandiri dengan adanya Alokasi Dana Desa (ADD). Dana ADD yang digunakan sebesar 30% untuk biaya operasional Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 70% untuk pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah Desa. Tujuan dari penelitian mendiskripsikan dan menganalisis berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban serta faktor penghambat mengenai ADD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode analisis Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Perangkat Desa masih memerlukan pembinaan tentang sosialisasi dan administrasi pengelolaan keuangan desa untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan dan perundang-undangannya. Faktor penghambat berupa kualitas sumber daya manusia dalam hal pengetahuan dan pemahaman Undang- Undang Desa dan kurangnya pelatihan dan pendampingan perangkat desa.

Keywords

pengelolaan alokasi dana desa; pembangunan desa; pemberdayaan masyarakat

Article Metrics

Abstract view : 3919 times
PDF view : 2557 times

Full Text:

PDF

References

Anonim. (2015). Kewenangan Pemerin tah Desa, [online]. Tersedia pada: http://digilib .unila.ac.id (23 Pe bruari 2018)

Eni Surasih, Maria. (2006). Pemerintahan Desa dan Imple mentasinya.Jakarta: Erlangga.

Fahmi, Rahmi; Setyowati, Endah; Siswidiyanto. (2015). Akuntabilitas Pemerintah Desa pada Pengelolaan ADD (Studi pada Kantor Desa Ketindan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Oleh, H.F. (2014). Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa ADD dalam Memberdayakan Masyarakat Desa di Desa cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.ASSN 2303-341X.

Peraturan Pemerintahan Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Riyanti, Nunuk. (2016). Analisis Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus di Desa Singopuran Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo). Tesis Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhamadiyah Surakarta

Ruru, Novianti; Kalangi, Lintje; Budiarso, Novi. S. (2017). Analisis Penerapan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Desa (Studi Kasus pada Desa Suwaan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 12(1), 83-90.

Riyanto,Teguh. (2015). Akuntabilitas Finansial dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kantor Desa Perangat Selatan Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kertanegara. Jurnal Riset Administrasi Negara Universitas Mulawarman. https:// www.e-jurnal.com/2016/02/a kuntabilitas-finansialdalam.html

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.