PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN LINK MAP TERHADAP KONEKSI MATEMATIK

Retno Marsitin, Nyamik Rahayu Sesanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dalam pembelajaran discovery dan link map terhadap koneksi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel penelitian meliputi: pembelajaran discovery, pembelajaran link map dan koneksi matematik. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Kanjuruhan Malang. Responden penelitian yaitu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang menempuh matakuliah kalkulus pada materi integral dengan jumlah 48 mahasiswa. Data penelitian diambil dari koneksi matematik, pembelajaran discovery dan pembelajaran link map. Instrumen penelitian divalidasi dengan validitor oleh dosen senior pendidikan matematika. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan berbantuan SPSS. Hasil penelitian bahwa pembelajaran discovery dan link map berpengaruh terhadap koneksi matematik sebesar 36,9%. Kesimpulan penelitian bahwa pembelajaran discovery dan link map memiliki pengaruh terhadap koneksi matematik.

Keywords

discovery; link map; koneksi matematik.

Full Text:

PDF

References

Baroody, A. J. and Bartels, B. H. (2000) ‘Using concept maps to link mathematical ideas’, Mathematics Teaching in the Middle School. doi: 10.2307/41181767.

Krismanto, A. (2003) ‘Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika’, Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lindstrøm, C. and Sharma, M. D. (2009) ‘Link maps and map meetings: Scaffolding student learning’, Physical Review Special Topics - Physics Education Research. doi: 10.1103/PhysRevSTPER.5.010102.

Marsitin, R. (2017) ‘Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS’, Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), pp. 87–100. doi: http://dx.doi.org/10.24256/akh.v5i1.442.

Marsitin, R. (2018) ‘Kemampuan Penalaran Matematik dalam Pembelajaran Discovery Berbasis Mind Map pada Fungsi Kompleks’, Jurnal Tadris Matematika, 1(1), pp. 55–64. Available at: http://ejournal.iaintulungagung.ac.id/index.php/jtm/article/view/1063.

National Council Of Teachers Of Mathematics (2000) ‘Principles and Standards for School Mathematics’, School Science and Mathematics, 47(8), pp. 868–279. doi: 10.1111/j.1949-8594.2001.tb17957.x.

Sofiyan (2009) ‘Strategi Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika’, Kultura, 10(No.1). Suhandri, S., Nufus, H. and Nurdin, E. (2017) ‘Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik’, Jurnal Analisa. doi: 10.15575/ja.v3i2.2012.

Sumarmo, U. et al. (2012) ‘Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik’, Jurnal Pengajaran MIPA, 17, pp. 17–33. doi: 10.18269/jpmipa.v17i1.228.

Sutawidjaja, A. and Afgani, J. (2015) ‘Konsep Dasar Pembelajaran Matematika’, in Pembelajaran Matematika, pp. 1–25.

Tall, D. (2011) ‘Crystalline concepts in long-term mathematical invention and discovery’, For the Learning of Mathematics.

Yanirawati, S., Nilawasti and Mirna (2012) ‘Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Disertai Tugas Peta Pikiran untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi matematik Siswa’, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), pp. 1–7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.