FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI GULA PG. WRINGIN ANOM KABUPATEN SITUBONDO

Andina Mayangsari

Abstract

Pabrik gula sebagai pelaku agribisnis pengolah tanaman tebu dan salah satu sektor yang mempunyai peranan penting dalam industri pergulaan di Indonesia pada saat ini memiliki dinamika usaha yang banyak mendapat perhatian. Penelitian ini dilaksanakan di PG. Wringin Anom Kabupaten Situbondo dengan mengkaji tentang faktor yang mempengaruhi produksi gula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi produksi gula di PG. Wringin Anom Kabupaten Situbondo. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu dengan pertimbangan bahwa Pabrik Gula Wringin Anom Kabupaten Situbondo merupakan pabrik gula dengan tingkat produksi cukup tinggi dan salah satu pabrik gula yang menjadi isu akan dihentikan operasionalnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis Cobb-Douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi produksi gula secara signifikan adalah bobot tebu, rendemen dan tenaga kerja.

Keywords

Gula; Produksi; Produktivitas; Wringin Anom; Situbondo

Full Text:

PDF

References

Anonymous. 2011. Unit Usaha Pabrik Gula. www.ptpn11.co.id. Diakses pada tanggal 18 November 2016.

_______________. 2014. Perkembangan Areal, Produksi, Produktivitas dan Rendemen Tebu di Propinsi Jawa Timur Tahun 2009–2010. www.disbun.jatimprov.go.id. Diakses pada tanggal 18 November 2016.

Ariesa, F.N. (2011). Analisis Kelayakan Restrukturisasi Mesin Pabrik Gula Kremboong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Skripsi (Tidak Dipublikasi). Bogor. Repository IPB.

Hafsah, M.J. (2002). Bisnis Gula di Indonesia. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

Subiyono dan Wibowo. (2005). Agribisnis Tebu Membuka Ruang Masa Depan Industri Berbasis Tebu Jawa Timur. Jakarta. Perhepi.

Suwandi, A. (2015). Transformasi Industri Gula. Surabaya. XI News.

Widjayanti, F.N. (2010). Karakteristik Komoditas Sub Sektor Pertanian Di Wilayah Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Jember. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.