ANALISIS HASIL OVER HOUL PEMUTUS TENAGA (PMT) 70KV PADA BAY ARJAWINANGUN 2 DI PT PLN PERSERO APP CIREBON GI KADIPATEN

. Nuryanto, Rizaldi Lukman Imani, Sugeng Suprijadi, Agus Siswanto

Abstract

Pemutus tenaga (PMT) pada sistem transmisi berfungsi sebagai pemutus beban baik dalam keadaan normal maupun ketika terjadi gangguan. Pada bulan Juli 2017 diketahui terdapat rembesan Minyak pada (PMT) bay Arjawinangun 2 di Gi Kadipaten. Dengan kondisi tersebut dilakukan Overhaul yang mana dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa sumber penyebab rembesan seperti terdapat kerak dan korosi pada sambungan serta kondisi Packing yang sudah tidak fleksibel.Sebelum pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan overhoul dilakukan pengujianpengujian diantaranya : pengujian tahanan kontak, pengujian keserempakan PMT, pengujian tahanan isolasi dan setelah dilakukan serangkaian pengujian, selanjutnya dilakukan analisis hasil pengujian tersebut serta dilakukan simulasi drop tegangan menggunakan aplikasi etap 12.6.0, dari serangkaian kegiatan tersebut maka didapatkan hasil pengujian tahanan kontak, pengujian keserempakan PMT, pengujian tahanan isolasi yang baik sesuai standart yang ditentukan, sehingga disimpulkan bahwa PMT bay Arjawinangun 2 dalam keadaan baik dan aman untuk di operasikan.

Keywords

PMT; Overhaul; Pengujian; 70 kV; Gangguan

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF view : 436 times

Full Text:

PDF

References

Alwan. 2014. “Analisa Gangguan pemisah (PMS) pada rel 70kV Arjawinangun di GI Sunyaragi”. Cirebon :Universitas 17 Agustus 1945

Hargono,Herpekik dan Woerjardjo. ”Pemutus Tenaga dan Pemisah”. Jakarta : PLN Pembangkitan Jawa Barat dan Jakarta Raya.

PT.PLN (Persero).(2014),”Buku Pedoman Pemeliharaan Pemutus Tenaga(PMT)”, SE No.0520-2.K/DIR/2014, PT. PLN (Persero), Jakarta.

PT.PLN (Persero).(2014),Buku Petunjuk Gardu Induk,, SE No.0520-2.K/DIR/2014, PT. PLN (Persero), Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.