APLIKASI PEMANTAU SUHU MESIN PENETAS TELUR BERBASIS IOT ANDROID

Kartika Yuli Triastuti, Monica Putri Indrayati, Ali Said, Body Surya Permana, . Istiadi

Abstract

Produksi unggas merupakan salah satu kebutuhan nasional. Penetasan telur menjadi unggas adalah hal penting dalam produksi unggas. Prinsip penetasan telur adalah dengan menjaga kondisi suhu agar tetap stabil. Karena itu, selain pengendalian suhu, pemantauannya juga diperlukan. Pemantauan secara manual akan menyita waktu dan effort tersendiri. Tulisan ini bertujuan mengembangkan pemantau suhu pada mesin penetas telur yang memanfaatkan Internet dengan teknologi IoT (Internet of Things). Mesin penetas telor umumnya memanfaatkan panas lampu untuk menjaga suhu ruangnya. Data suhu yang diambil dari sensor suhu dihimpun pada suatu mikrokontroler yang selanjutnya dikirim ke Internet secara wireless. Hasil pengujian menunjukkan data suhu dan status lampu dapat dibaca secara real time menggunakan IoT dengan platform Blynk yang juga dapat diakses menggunakan smartphone.

Keywords

kendali suhu; IoT; smartphone

Full Text:

PDF

References

Rancang Bangun Mesin Penetas Telur Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8 Menggunakan Sensor Sht 11. https://core.ac.uk/download/pdf/12343351.pdf

nyebarilmu, “Mengenal aplikasi BLYNK untuk fungsi IOT,”, 23-Nov-2017

About Wemos D1 Mini [Online] URL : www.wemos.cc; Official website untuk Wemos D1 Mini.

Riyadi, Slamet. 2011. Macam-macam Sensor Suhu. [Terhubung Berkala]. http:http://www.slem354.net.tc/2011/09/macam-macam-sensor-suhu.html (1Oktober 2012).

Duwi Arsana. (2015). Modul relay 4ch. [online], http://duwiarsana.com/wpcontent/uploads/2015/11/modul-relay-4ch.jpg

Refbacks

  • There are currently no refbacks.