VILLAGE CENTER BUSINESS DEVELOPMENT, SOLUSI PEMASARAN PRODUK TERINTEGRASI, DESA CIMAREME, KECAMATAN NGAMPRAH, KABUPATEN BANDUNG BARAT, JAWA BARAT

. Marsdenia, Kesa Deni Danial

Abstract

Paper ini menjelaskan hasil kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) Dosen Univesitas Indonesia dengan memggunakan dana Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM-UI) untuk anggaran tahun 2018, di desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tujuan utama kegiatan pengmas adalah melakukan sosialisasi  bagaimana cara menerapkan  Village Center Business Development (VCBD) dalam rangka penguatan ekonomi melalui penguatan kegiatan UMKM didesa tersebut. VCBD merupakan  Solusi Pemasaran Produk Terintegrasi Desa di Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat sejalan dengan kebijakan dari pemerintah memberikan peluang terhadap pengembangan ekonomi kreatif. Desa menjadi tempat dimana kreatifitas dibuat dengan segala kearifan lokal yang tertata didalamnya. Penulisan paper hasil penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis, dengan menggunakan wawancara mendalam informan kunci, melalui wawancara langsung yang dikombinasi dengan Focused Group Discussion (FGD) dengan  Kepala Desa, Sekretaris Data dan para peserta UMKM. Paper hasil pengmas ini menyimpulkan bahwa diperlukan berbagai Persiapan perangkat desa sebagai pelaku pembangunan desa dalam pembuatan VCBD sebagai solusi pemasaran terintegrasi melalui konsep terintegrasinya keuangan desa ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan kualitas SDM dalam hal perencanaan, pengelolaan, pelaporan keuangan, dan system informasi Pemetaan Produk unggulan desa perlu dilakukan dalam rangka efisiensi dan diperlukan juga produk ekonomi kreatif desa sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi dan branding awareness di pasar bebas. Diharapkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan kualitas SDM dalam hal perencanaan, pengelolaan, pemasaran, dan pembentukan VCBD.

Keywords

Integrasi; produk unggulan; efisiensi; kemasan; brand awareness.

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF view : 82 times

Full Text:

PDF

References

Bandura, A., 2013. The Social Foundation of Tought and Action, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.6th edition

Barney, B.J., Hesterly,W.S (2010). Strategic management and Competitive Advantage. 2nd ed. Upper Saddle River, NJ: PrenticeHall.

BeineMichel, Lodigiani Elisabetta, Vermeulen Robert. (2012. Remittances and financial openness Regional Science and Urban Economics, Volume 42, Issue 5, September 2012, Pages844-857

Borg,WR, Gall,M.D. &Gall,J.P. (2003).Educational Research. Boston:Pearson education, Inc

Monroe, K. B. (2007). Pricing Making Profitable Decision (3 ed.). Singapore: McGraw-Hill.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.