KONSEP PAUD ALAM SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Umi Nur Qomariyah, Diah Puji Nali Brata

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah “suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan Anak Usia Dini telah diatur dalam pasal 28 Undang undang Republik Indonesia  Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan pengabdian ini  adalah penyelenggaraan  dan pengembangan kemandirian  PAUD Alam di dusun Rapah Ombo Desa Klitih Kecamatan Plandaan yang diupayakan oleh masyarakat setempat sesuai dengan kondisi masyarakat dan  alam. Melalui program kemitraan masyarakat, tim abdimas STKIP PGRI Jombang memberdayakan masyarakat untuk memperluas akses layanan PAUD baru. Metode pelaksanaan adalah pendidikan dan pendampingan, melalui pendidikan  dan pelatihan digunakan untuk mempersiapkan penyelenggaraan PAUD Alam dusun Rapahombo, sedangkan pendampingan digunakan untuk pemantapan kinerja penyelenggaraan PAUD Alam dusun Rapahombo. Hasilnya menunjukkan bahwa melalui program abdimas ini pemberdayaan masyarakat dusun Rapahombo  sangat tinggi, hal ini ditunjukkan melalui keikutsertaan masyarakat, bunda PAUD, orangtua dalam pendirian dan penyelenggaraan PAUD di dusun Rapahombo.

Keywords

PAUD Alam; pemberdayaan; pendidikan; pelatihan; pendampingan

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF view : 741 times

Full Text:

PDF

References

Adi, Isbandi Rukmito, (2002), Pemikiran-pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial, jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia.

http://www.eldina.comn Direktorat PAUD, 2004

http://www.junior-smart.com Ditjen PAUDNI, 2013. Kerangka Dasar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2025, 2013

Qomariyah, UN & Nalibrata, DP. 2018. Pemberdayaan Masyarakat dusun Anjasmara desa Jarak Wonosalam Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Jurnal ELPEduaEM Universitas Darul Ulum Jombang

Siagian, S.P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke tujuh. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Siagian, S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kartasasmita, G. (1997). Visi Pembangunan 2018: Tantangan Bagi Profesi Administrasi; Tulisan Pada Pembangunan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.