PELATIHAN PEMBUATAN CAMILAN SEHAT KOKOA-MORINGA OLEIFERA (KOMO) DESA SUMBEREJO DAN SUMBERANYAR

Azizatul Hamidiyah, Raudatul Hikmah

Abstract

Pelatihan pembuatan camilan sehat Kokoa Moringa Oleifera (KOMO) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu dalam pembuatan camilan sehat dalam penanganan anemia sehingga kelompok mitra dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya ibu hamil anemia yang masih banyak terjadi di wilayah mitra. Metode yang ditawarkan adalah musyawarah untuk pengkapasitasan anemia dan penanganannya, pelatihan praktik pembuatan KOMO, manajemen usaha dan marketting serta pendampingan. Hasil pengabdian masyarakat  menunjukkan  kedua mitra memiliki pengetahuan tentang anemia dan penanganan anemia  serta keterampilan pembuatan camilan sehat KOMO. Camilan sehat KOMO dibuat dalam 4 ukuran yaitu bar kecil, sedang, besar dan toples. Camilan sehat KOMO terdiri dari 4 varians yatu original, mente, almond dan mint. Camilan sehat KOMO diperjualbeikan di rumah produksi masing-masing mitra, di posyandu dan kelas ibu hamil serta bekerjasama dengan Puskesmas, Bidan Praktek Mandiri, Praktik  dokter, koperasi bumdes, koperasi pesantren dan kepada reseller. Secara otomatis dengan pengabdian masyarakat ini kelompok mitra juga menjadi produktif secara ekonomi, yang awalnya tidak produktif secara ekonomi.

Keywords

Anemia; Camilan Sehat; Coklat Kelor.

Full Text:

PDF

References

Almatsler, S. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Bey. (2010). All Things Moringa.

Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo. (2015). Profil Kesehatan Kabupaten Situbondo. Situbondo: Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo

Fatimah, H. et al. (2011). Pola Konsumsi dan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Makara Kesehatan, 15(1), pp: 31-36.

Fuglie, L. J. (2001). The Miracle Tree: Moringa oleivera: Natural Nutrition for the Tropics. Training Manual. Church World Service. Dakar, Senegal

Gopalan, C. (2010). Nutrition Research in Southeast Asia. New Delhi, WHO

Harvey, L.J., et al. (2007). Effect of high-dose iron supplements on fractional zinc absorption and status in pregnant women. American Journal of Clinical Nutrition, 85 (1), pp : 131-136.

Hinderaker SG, Olsen BE, Lie RT, et al. (2002). Anemia in pregnancy in rural Tanzania: associations with micronutrients status and infections. Eur. J. Clin. Nutr, 56(3), pp :192-199.

Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar Nasional. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Notoatmodjo, S. (2007). Perilaku dan Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.