PENERAPAN TEKNOLOGI PENGENDALI FERMENTASI TEMPE BAGI USAHA KRUDEL LARISO KELURAHAN PURWANTORO KOTA MALANG

Riska Suryanti Putri, Muhammad Ifan Fanani, Irfan Indra Kurniawan, Eka Purna Okta Danawan, Kris Inur Firman Sugiarto, . Istiadi

Abstract

Wilayah Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang ini mengkreasikan olahan tempe menjadi kripik tempe dengan varian rasa yang berbeda. Sekitar 90% dari total masyarakat di wilayah Sanan berprofesi sebagai perajin tempe mulai dari yang berskala mikro sampai skala besar. Oleh karenanya wilayah Sanan menjadi pusat oleh-oleh olahan tempe khas Malang yang sudah di kenal olah masyarakat luas. Minat konsumen yang tinggi berbanding terbalik dengan proses produksinya yang masih manual khususnya proses fermentasi pembuatan tempenya. Proses fermentasi tempe yang bergantung pada kondisi suhu dan kelembaban tertentu dipengaruhi oleh cuaca lingkungannya, sehingga dibutuhkan perhatian dan usaha tersendiri untuk mengupayakan proses fermentasinya. Apalagi cuaca yang tidak menentu perlu upaya yang lebih agar produksi tempe tidak mengalami kegagalan. Berdasarkan kondisi itu, suatu gagasan untuk menerapkan teknologi pengendali fermentasi tempe ini dikembangkan. Alat berbentuk kotak dengan sistem pengendali suhu dan kelembaban secara elektronik dikembangkan agar kondisi fermentasi stabil dalam kotak, sehingga tidak terpengaruh oleh cuaca lingkungan. Dengan penerapan teknologi ini, proses produksi tempe menjadi lebih efektif karena dengan kondisi fermentasi yang stabil akan terbentuk tempe lebih cepat dan dapat meringankan kerja perajin tempe.

Keywords

Sistem otomatis; Usaha Tempe; Produktivitas

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF view : 456 times

Full Text:

PDF

References

Anonimous. Arduino Nano [WWW Document], n.d. URL https://store.arduino.cc/usa/arduino-nano (accessed 7.10.18).

Anonimous. DHT11 Humidity & Temperature Sensor, n.d..

Goeritno, A., Nugroho, D.J., Yatim, R., Utama, P.A.I., n.d. 2014.

Implementasi Sensor Sht11 untuk Pengkondisian Suhu dan Kelembaban Relatif Berbantuan Mikrokontroler.

Jufril, D., Darwison, D., Rahmadya, B., Derisma, D., 2015. Implementasi Mesin Penetas Telur Ayam Otomatis Menggunakan Metoda Fuzzy Logic Control. Pros. Semnastek.

Sarwono, C.S., n.d., 2017. Desain Inkubator Tempe untuk Peningkatan Kualitas Produksi Pengrajin Tempe di Daerah Pegunungan.

Anonimous. Sejarah ยป Selamat Datang di Website Kelurahan Purwantoro Kota Malang, n.d.

Setyawan, A., Adil, R., Sulistijono, L., n.d. Desain alat sistem kontrol suhu dan kelembaban untuk optimasi proses pembuatan tempe pada skala industri rumah tangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.