ANALYSIS KEPUTUSAN WISATAWANDALAM MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA KALIWATU RAFTING DI KOTA BATU

Rery Sukmawati, Martaleni Martaleni

Abstract

Dewasa ini pertumbuhan pariwisata industri semakin pesat diiringi dengan meningkatnya kebutuhan manusia yang tinggi. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan mampu memberikan manfaat bagi Negara dan daerah tujuan wisata. Oleh karena itu perlu adanya presepsi wisatawan terhadap Daerah Tujuan Wisata untuk mencari suasana baru yang tidak didapatkan di daerah wisata lain.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, kelompok referensi dan kualitas layanan terhadap keputusan berkunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Rafting Kaliwatu di Kota Batu selama tahun 2016 dengan sampel penelitian sebanyak 99 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji signifikan F dan t.Temuan penelitian menyatakan bahwa motivasi wisata, persepsi wisata, kelompok referensi kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung baik secara parsial maupun simultan.

Kata kunci: motivasi, persepsi, kelompok referensi, kualitas layanan keputusan

Full Text:

PDF

References

Adhi , Imam Akhmad, (2016) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 30 No. 1 Januari 2016| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id 35.

Amirullah, 2002. Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.

Bearden, W., & Michael, J. (2001). Reference Group Influence On Product And Brand purchase Decisions. The Journal of Consumer Research, 9.

Dwiastuti, Rini dkk (2012:3), Ilmu Perilaku Konsumen, Universitas Brawijaya Press (UB Press), Malang.

Kuncoro, Mudrajad, 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 1997, Manajemen Pemasaran: marketing management 9e Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan control, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kotler, Philip, 1998, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi Revisi, Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, Benjamin Molan. Jilid 1 dan Jilid 2. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Amstrong, Geri. 2008. Prisinp-prinsip Pemasaran. Alih bahasa: Bob sabran, MM. Edisi 12 jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Alih bahasa oleh Benyamin Molan. Jilid Satu. Jakarta : Indeks

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lupiyoadi, Rambat, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Mantasari, Allens Diana 2013, Perilaku Brand Switching (Perubahan Merek) PadaTelepon Seluler Yang Dipengaruhi OlehReference Group (Kelompok Acuan)(Studi Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya Malang) , skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Brawijaya Malang.

Martaleni, 2011, Pengaruh Kualitas Pelayanan Penerimaan Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui Drop Box Terhadap kepuasan Wajib Pajak, Jurnal Manajemen Gajayana, Vo. 8, No. 2 Nopember 2011.

Martaleni, 2014, Pengaruh Motivasi, Kualitas Layanan dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Image Daerah Tujuan Wisata, Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Volume 18, Nomor 2 Juni 2014.

Olivia, Dila Feny, 2015, Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Survei pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 21 No. 1 April 2015| administrasibisnis. studentjournal.ub.ac.id

Pearce, P. 1982. The Social Psychology of Tourist Behaviour. USA: Pergamon Press, New York.

Peter, J. Paul, Jerry C. Olson, 2000, Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran,Alih bahasa: Damos Sihombing, Edisi keempat, Cetakan pertama, Erlangga, Jakarta

Pranata, Nyoman Indra, 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Domestik Berkunjung Ke Bali Safari & Marine Park, Gianyar Bali. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.

Ramadhan, 2016 Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap KeputusanBerkunjung Ke Tempat Wisata Pantai Samudera Baru. Jurnal Manajemen Vol. 14 No. 1 Agustus 2016.

Sayangbatti, Dila Pratiyudha, 2013. Motivasi dan Persepsi Wisatawan tentangDaya Tarik Destinasi terhadap MinatKunjungan Kembali di Kota Wisata Batu. Jurnal Nasional Pariwisata, Volume 5, Nomor 2, Agustus 2013 (126 - 136).

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. 1991. Consumer behavior. Fourth Edition : Prentice-Hall International Edition

Schiffman, L., & Kanuk, L. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : Indeks.

Simamora, B. 2002. Aura Merek: 7 Langkah Membangun Merek yang Kuat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun, Masri, Sofian Efendi, 2006. Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi, LP3ES, Jakarta.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia: Jakarta

Suryani, Tatik. 2008. Cetakan Pertama. Perilaku Konsumen; Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sutisna, 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan ke Dua, PT. Remaja Karya, Bandung.

Sopyan, 2015. Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu). Skripsi tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang

Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Bayumedia, Malang

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan Indonesia.

(http://malangtimes.com/wisata/08112014/15522/35-juta-wisatawan-kunjungi-batu.html, diakses tanggal 21/01/2017).

LKPJ Kota Batu, 2013.

Pustakalewi.net, tanggal 28/05/2013.

www.kaliwaturafting.com, diakses 23 Maret 2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.