PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (StudiPada Bank Central Asia KCP Singosari Malang)

Moh. Imron

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di Bank Central Asia KCP Singosari Malang, baik secara parsial maupun simultan serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan.
Jenis penelitian ini explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawanBank Central Asia KCP Singosari Malang. Sampel dalam peneleitian ini diambil dengan teknik sensus sebanyak 40 orang karyawan. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 18.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: i) kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di Bank BCA KCP Singosari Malang secara parsial; ii) kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di Bank BCA KCP Singosari Malang secara simultan; iii) kepemimpinan memiliki pengaruh yang dominan terhadap kinerja karyawan di Bank BCA KCP Singosari Malang.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah variabel yang digunakan sebagai prediktor kinerja karyawan hanya terdiri dari dua variabel bebas yaitu kepemimpinan dan budaya organisasi. Masih banyak variabel lainnya yang dapat digunakan sebagai prediktor terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci: Kinerja Karyawan, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Bank.

Article Metrics

Abstract view : 1072 times
PDF view : 398 times

Full Text:

PDF

References

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analsis Multivariate dengan Program IBM SPSS 18. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ivancevich, J. M., Konopaske, R., danMattesonM.T. 2006.Perilakudan Manajemen Organisasi. Jilid 1 dan 2.Edisiketujuh.Jakarta: Erlangga.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi, Alih Bahasa V.A Yuwono. Yogyakarta: Andi

Lilis. 2009. Analisis Perbandingan Pengaruh Langsung dan Tak Langsung Faktor Budaya Organisasi dan Komitmen terhadap Kinerja Karyawan pada UPTD Parkir Kota Surabaya. Jurnal.Surabaya: STIESIASurabaya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2003.Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

Prawirosentono.S, 1999. Manajemen Sumber Daya Manausia, Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Rosari, Reni. 2005. Analisis Gaya Kepemimpinan Dosen-Dosen di Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta.JurnalTelaah Bisnis. Vol. 6. No. 1.Hal: 87.

Tjiptono. 2006. Manajemen Sumberdaya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo.

Tika, Pabundu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan.Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H. 2011. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: BumiAksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.